visitaaponce.com

Patelki Ingin Berperan Wujudkan Transformasi Kesehatan

Patelki Ingin Berperan Wujudkan Transformasi Kesehatan
Anggota Patelki DKI Jakarta saat ini mencapai 7.564 orang.(Dok Patelki)

DPW Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (Patelki)  bersama puluhan anggotanya menggelar kegiatan sosial bersih sampah di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan.

Kegiatan sosial bersih sampah yang digelar pada Rabu (1/5) itu digelar untuk merayakan HUT ke-38 Patelki dan Pekan Teknologi Laboratorium Medik (TLM) 2024.

Selain aksi sosial bersih sampah, anggota Patelki menyosialisasikan dan memperkenalkan profesi dan organisasi Ahli Teknologi Laboratorium Medik serta melakukan edukasi budaya PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) kepada pengunjung Taman Margasatwa Ragunan. Ahli Teknologi Laboratorium Medik merupakan salah satu cabang dari sekitar 26 cabang profesi tenaga kesehatan (nakes).

Baca juga : Gakeslab dan Asosiasi Alkeslab Dukung Transformasi Kesehatan Nasional

Ketua DPW Patelki DKI Jakarta Mardian Iswahyudi mengatakan kegiatan sosial berupa bersih-bersih lingkungan dan edukasi atau sosialisasi budaya PHBS sudah rutin dilakukan untuk memperingati HUT Patelki sejak 2015. Setiap tahun diadakan kegiatan sosial dengan lokasi berbeda-beda.

Ia mengatakan kegiatan sosial itu akan dilakukan secara rutin pada tahun-tahun berikutnya di HUT Patelki dan Pekan TLM.
"Tujuan utama kegiatan ini secara rutin setiap tahunnya adalah adanya harapan bahwa pada tanggal itu oleh pemerintah nantinya bisa ditetapkan jadi Pekan Teknologi Laboratorium Medik Nasional,” ujar dia.

Di sisi lain, lanjut Mardian, kegiatan ini dilakukan guna memberikan ruang bagi anggota untuk menyampaikan pengalamannya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sebagai bagian dari penyampaian informasi kepada masyarakat tentang kegiatan yang berlangsung di laboratorium. 

Baca juga : RSUP Dr M Djamil Kembangkan Jejaring Biobank

“Apalagi Ahli Teknologi Laboratorium Medik merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam sistem pelayanan kesehatan. Pengenalan profesi juga untuk menampilkan sisi humanisme seorang Ahli Teknologi Laboratorium Medik,” paparnya.

Adapun kegiatan berupa bersih-bersih lingkungan dan edukasi PHBS merupakan bagian dari upaya preventif dan promotif yang menunjukkan peran aktif Patelki untuk ikut bersinergi menyehatkan negeri.

Melalui edukasi PHBS, diharapkan masyarakat bisa lebih memahami konsep dan cara dalam berperilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kesehatan personal dan sosial bisa terwujud.

Baca juga : Hadapi Tantangan Praktik Klinis, UMHT Resmikan Pusat OSCE

“Melalui pekan TLM ini diharapkan menjadi media sosialisasi organisasi profesi dalam mendukung upaya pembangunan kesehatan utamanya dukungan pelayanan laboratorium medik,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPW Patelki DKI Jakarta Andi Trihadi menyatakan saat ini anggota Patelki DKI Jakarta mencapai 7.564 orang. Sebagai organisasi profesi, Patelki ingin selalu memberikan peranan strategis dan senantiasa ingin mewujudkan keberhasilan transformasi kesehatan khusus dalam bidang pelayanan laboratorium.

"Juga dalam SDM Laboratorium untuk bertransformasi baik peningkatan keterampilan, berinovasi, bersinergi serta meningkatkan kepedulian sebagai wujud nyata karakter tenaga kesehatan," pungkasnya. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat