visitaaponce.com

Lembaga Wakaf Binaan Ayep Zaki Kompeten Salurkan Manfaat Wakaf

Lembaga Wakaf Binaan Ayep Zaki Kompeten Salurkan Manfaat Wakaf
Sertifikasi skema penyaluran manfaat wakaf yang difasilitasi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Badan Wakaf Indonesia, di Hotel Sofyan J(DOK LW DOA BANGSA)

LEMBAGA Wakaf (LW) Doa Bangsa yang dibina langsung oleh Ketua DPD NasDem Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Jabar), Ayep Zaki dinyatakan kompeten dalam penyaluran manfaat wakaf.

Hasil tersebut diraih dalam kegiatan sertifikasi skema penyaluran manfaat wakaf yang difasilitasi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Badan Wakaf Indonesia, di Hotel Sofyan Jakarta, Minggu (24/3) dengan hasil keputusan bahwa personil LW Doa Bangsa dinyatakan kompeten.

Kegiatan sertifikasi tersebut dilakukan setelah masa pelatihan pada 20-22 Maret 2024 dengan melibatkan 27 peserta dari berbagai institusi yang ada di Indonesia.

Baca juga : Kader NasDem Buat Terobosan Kelola Wakaf Uang Dengan Membeli Sukuk Ritel

Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Badan Wakaf Indonesia (LSP BWI), Nurul Huda menyatakan bahwa menyalurkan manfaat wakaf tidak sesederhana yang diperkirakan. Kompetensi tersebut sudah memiliki standar dengan acuan SKKNI yang berlaku. 

Penyaluran manfaat wakaf tersebut meliputi tujuh unit kompetensi yaitu melayani Mauquf Alaih, Melaksanakan Pembinaan Mauquf Alaih, Memantau Program Penyaluran Hasil Pengelolaan dan Pengembangan Harta Benda Wakaf, Mengevaluasi Program Penyaluran Hasil Pengelolaan dan Pengembangan Harta Benda Wakaf.

Selain itu juga menyusun Laporan Penyaluran Hasil Pengelolaan dan Pengembangan Harta Benda Wakaf, Menyusun Laporan Keuangan (Penyaluran) dan Mengelola Risiko Operasional.

Baca juga : Asah Skill Digital Anak Muda Lewat Pelatihan dan Sertifikasi

"Jadi, Lembaga Nazhir harus memiliki personil yang kompeten dalam Penyaluran Manfaat Wakaf," kata Nurul.

Dia melanjutkan wakaf merupakan salah satu pilar kesejahteraan umat yang semua pelaksanaannya harus tertib, sehingga Lembaga Nazhir akan memperoleh kepercayaan dari umat.

"Kepercayaan itu terbentuk dari profesionalisme nazhir yang shidqoh, syaja'ah, amanah, fathonah dan tabligh," tambah dia.

Baca juga : Danamon dan Sunyi Academy Beri Sertifikat Barista kepada 40 Kawan Difabel

Sementara Ayep menegaskan bahwa LW Doa Bangsa tetap berkomitmen dalam mempertahankan Profesionalisme Nazhir.

"Hal itu kata dia dapat dibuktikan dengan keikutsertaan LW Doa Bangsa dalam setiap kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Nazhir yang diselenggarakan oleh Badan Wakaf Indonesia," kata dia.

Dia melanjutkan LW Doa Bangsa telah menyelesaikan Pelatihan dan Sertifikasi Pelaksanaan Penghimpunan/Penerimaan Harta Benda Wakaf, Pengelolaan dan Pengembangan Harta Benda Wakaf, dan Penyaluran manfaat Wakaf.

Baca juga : Caleg NasDem Ayep Zaki Pelopori Gerakan Wakaf di Lingkup Karyawan Pabrik Tempe Binaan

Dengan demikian LW Doa Bangsa sudah sangat layak dan kompeten dalam melaksanakan tugas tri- fungsinya.

"Kompetensi ini sangat mendukung pelaksanaan Visi Misi Lembaga, yaitu menjadi Lembaga yang tepercaya dalam menghimpun, mengelola, mengembangkan dan menyalurkan manfaat kepada Mauquf Alaih," tambah dia.

LW Doa Bangsa juga sangat meyakini bahwa Wakaf merupakan instrumen jitu dalam mengentaskan kemiskinan dan kebodohan. 

"InsyaAllah LW  Doa Bangsa akan memberikan bukti nyata dalam membangun peradaban bangsa yang kita cintai ini," demikian tutup Ayep. (RO/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat