visitaaponce.com

Pengukuran Emisi Karbon Salah Satu Poin Bangunan Hijau

Pengukuran Emisi Karbon Salah Satu Poin Bangunan Hijau
Sertifikasi bangunan hijau(MI)

GREEN Building Council Indonesia (GBCI) baru saja memberikan predikat green building pada beberapa gedung di Jakarta. Dengan adanya sertifikat ini adalah bukti sebuah gedung telah konsisten terhadap keberlanjutan lingkungan dan penerapan teknolongi ramah lingkungan

“Salah satu gedung yang telah berhasil menerapkan hal ini adalah DBS Tower milik Ciputra Group,” ungkap Menurut Ketua Umum GBCI Iwan Prijanto kemarin. 

Iwan menyampaikan, penghargaan ini meliputi beberapa aspek, yakni Tepat Guna Lahan, Efisiensi dan Konservasi Energi, Konservasi Air, Sumber dan Siklus Material, Kesehatan dan Kenyamanan dalam Ruang, dan Manajemen Lingkungan Bangunan

Baca juga : Sinar Mas Land Raih Gold Winner di FIABCI REI Excellence Awards

Ia menjelaskan, banyak hal yang dinilai dari sertifikasi bangunan. Beberapa diantaranya asalah teknologi dalam mencapai green building.

“Tapi, inti dari green building itu bukan di situ, tapi manusia yang ada di dalamnya. Dalam hal penilaian existing building  itu lebih banyak justru pada manajemen. Bagaimana cara merawat bangunan itu menjadi lebih baik lagi,” jelasnya. 

Iwan menegaskan, kinerja bangunan hijau harus bisa terukur, terutama emisi karbonnya. Kalau hal ini tidak dilakukan maka, sebentar lagi bangunan kita akan tidak relevan. 

Baca juga : Raih Sertifikasi Tertinggi Green Label Bukti Dedikasi Tanggung Jawab Lingkungan

”Karena seluruh persyaratan dari ekosistem bangunan konstruksi, finance, dan peraturan pemerintah akan mengarah pada hal tersebut. Kalau kita tidak siap, maka sebentar lagi gedung kita jadi tidak relevan dan kita  sulit berada di market,” kata Iwan.

Naik Kelas

Sementara itu Direktur Grup Ciputra Sugwantono Tanto menyatakan, penghargaan ini merupakan pencapaian yang membanggakan. DBS Bank Tower yang selesai dibangun tahun 2013 ini dapat memenuhi standar bangunan hijau di tahun 2024. Hal ini menjadi sebuah simbol prinsip pembangunan Ciputra Group yang selalu melihat kebutuhan jangka panjang.

“Penghargaan ini juga merupakan bukti nyata dari komitmen Ciputra Group untuk berkontribusi pada upaya global untuk menjaga keberlanjutan lingkungan dan terus berinovasi dalam menciptakan gedung yang ramah lingkungan. Dengan penghargaan ini, kami naik kelas, dimana sebelumnya gedung ini sudah mendapatkan sertifikasi Gold dari GBCI," ujar Sugwantono.

Baca juga : Jalani Prinsip Keberlanjutan, Jurus Industri Perhotelan Pikat Wisatawan

Namun Sugwantono mengingatkan pihak manajemen, bahwa sertifikasi ini tidak berlaku selamanya, sehingga usaha untuk mempertahankannya ke depan diperlukan kerja lebih keras. Karena mempertahankan itu lebih susah daripada mendapatkan. 

Ciputra Group, kata Sugwantono, selalu mendukung pembangunan dan pengelolaan gedung yang ramah lingkungan untuk kesinambungan umat manusia yang lebih baik. Sejak awal gedung ini berdiri 11 tahun lalu, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan pengurangan emisi karbon dan kegiatan-kegiatan yang mendukung pelestarian, seperti pengolahan sampah, komposting, recycling limbah dan lain-lain. 

Green Building Council Indonesia adalah organisasi yang bertujuan untuk mendorong pembangunan berkelanjutan dan ramah lingkungan di Indonesia. Sertifikasi Greenship Existing Building V.1.1 Platinum adalah salah satu standar tertinggiyang diberikan kepada gedung yang menunjukkankepemimpinan dalam pengembangan hijau dan berkelanjutan.

Dengan penghargaan ini, DBS Bank Tower memperkuatposisinya di Jakarta Selatan sebagai salah satu gedungperkantoran modern yang mengedepankan fitur – fitur ramahlingkungan, serta menjadi inspirasi bagi pembangunan lainnyauntuk mengikuti jejak dalam menerapkan praktik-praktik yang ramah lingkungan. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat