visitaaponce.com

Bacaan Doa Sapu Jagat, Penting Dihafal untuk Kebaikan Dunia dan Akhirat

Bacaan Doa Sapu Jagat, Penting Dihafal untuk Kebaikan Dunia dan Akhirat!
Doa sapu jagad wajib kamu lafadzkan sehari-hari(Freepik)

SEBAGAI umat muslim, kita  dianjurkan untuk banyak membaca doa sapu jagat, yaitu secara umum doa untuk kebaikan yang berkaitan dengan dunia dan akhirat. Doa ini mengandung banyak keutamaan, karena mengandung berbagai macam permohonan tentang kebaikan. Sebelum memasuki tentang doa sapu jagat, kita perlu tahu dulu nih apa arti penting dari doa.

Makna Penting dari Doa. 
Doa adalah sebuah sarana bagi hamba untuk berkomunikasi dengan sang khalik, Allah SWT. Salah satu waktu terbaik untuk melakukan hal ini adalah ketika salat, karena salat secara harafiah berarti "berdoa".
 
Doa sendiri merupakan perintah dari Allah SWT. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَقَا لَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْۤ اَسْتَجِبْ لَـكُمْ ۗ اِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَا دَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَا خِرِيْنَ

Dan Allah SWT berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Orang-orang yang menyombongkan diri dan menolak untuk menyembah-Ku akan menghadapi nasib masuk ke dalam Neraka Jahanam dengan merasa rendah dan hina." (Al-Quran, Surah Ghafir 40: Ayat 60)

Baca juga : Tafsir An-Nisa' Ayat 56 tentang Siksa Neraka pada Tubuh

Arti penting doa juga dijelaksan oleh Nabi Muhammad lewat sabdanya,

 الدُّعَاءُ مُخُّ الْعِبَادَةِ

“Doa adalah inti ibadah.” (HR. al-Tirmidzi, no. 3371)

Setelah kita mengetahui pentingnya doa, sekarang kita masuk ke salah satu doa penting untuk kebaikan yang berkaitan dengan dunia dan akhirat, yaitu doa sapu jagat.

Baca juga : Tafsir Surat At-Tahrim Ayat 6 tentang Neraka dan Malaikat

Doa ini memiliki lafal sebagai berikut:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana, atina fid dunya hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qina ‘adzabannar 

 Artinya: "Ya Allah SWT, ya tuhan kami memohon berikan segala kebaikan di dunia dan segala kebaikan di akhirat, dan jagalah kami selalu dari siksa api neraka."

Baca juga : Diwawancara Ustaz Felix Siauw, Rhoma Irama Mengaku Pernah Minum Bir

Makna doa ini adalah memohon kepada Allah SWT agar diberikan kebaikan selama di dunia hingga di akhirat, serta perlindungan dari azab siksa neraka. Doa ini merupakan doa yang amat penting diucapkan dalam keseharian umat muslim

Salah satu doa yang sangat diprioritaskan oleh Nabi Muhammad SAW adalah doa sapu jagat, yang juga dikenal sebagai doa keselamatan untuk kehidupan di dunia dan akhirat.

Hal ini terlihat dari pernyataan sahabat nabi sebagaimana riwayat hadits berikut: 

Baca juga : Sekjen PBB: Serangan Israel di Gaza Mengubah Wilayah Palestina Menjadi Neraka Kemanusiaan

عن أنس قال كان أكثر دعاء النبي صلى الله عليه وسلم اللهم ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار 

Artinya:  Dalam riwayat Anas, disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW sering membaca doa yang berbunyi, "Ya Allah, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta peliharalah kami dari siksa neraka." (HR Bukhari dan Muslim).

Tak hanya itu, lafal doa sapu jagat bukan hanya berasal dari hadits semata. Namun, seperti disarikan dari surat Al-Baqarah ayat 201, sebagian muslim melafazkan doa

وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا  عَذَابَ النَّارِ 

Artinya,Ya Allah, pencipta alam semesta, haturkanlah pada kami seluruh kebaikan saat di dunia dan kebaikan hingga akhirat. Jagalah kami selalu dari siksa neraka." (QS. Al-Baqarah: 201). Doa sapu jagad ini merupakan doa yang sering diucapkan oleh Rasulullah SAW. 

Nabi Muhammad SAW membacakan doa ini setiap hari, dan pengulangan doa yang secara mendalam ini mengungkapkan pentingnya doa sapu jagat di kehidupan sehari-hari.

Seringnya melakukan pengulangan doa sapu jagat seolah mencerminkan betapa besarnya nilai dan makna spiritual yang terkandung di dalamnya. Rasulullah SAW memberikan teladan yang kuat dengan berulang kali melantunkan doa ini sebagai teladan terpenting dalam ajaran Islam. Hal ini menunjukkan bahwa doa sapu jagat bukan sekadar rangkaian kata, melainkan ungkapan doa yang penuh makna.
 
Dalam pengulangan doa ini tergambar kedekatan Rasulullah SAW dengan Allah SWT dan tergambar pentingnya komunikasi dengan Sang Pencipta dalam segala aspek kehidupan. Doa Sapu Jagat menjadi kebiasaan yang mendarah daging dalam kehidupan sehari-hari dan mencerminkan eratnya hubungan antara manusia dengan Tuhan-Nya.

Keutamaan Doa Sapu Jagat

Doa sapu jagat memiliki keutamaan yang banyak sekali. Bacaan doa sapu jagat ini mencakup tiga hal, yaitu meminta kenikmatan di dunia, kenikmatan akhirat, dan meminta perlindungan dari siksa api neraka. Berikut dibawah ini beberapa keutamaan doa sapu jagat :

1. Memberikan kebaikan di dunia

Kebaikan dunia yang dimaksud  adalah diberikan keberkahan dan nikmat sehat, suami  istri yang shaleh dan shalehah, kendaraan yang nyaman, pujian yang baik, rezeki yang cukup, rumah yang luas dan lapang,  ilmu yang bermanfaat, amal shaleh, anak yang berbakti, dan kebaikan lain sebagainya.

2. Memberikan kebaikan di akhirat

Doa sapu jagat tidak hanya mempunyai makna kebaikan di dunia, namun juga di akhirat. Hal-hal baik di akhirat jauh lebih baik daripada di dunia. Diantaranya masuk surga, terbebas dari kekhawatiran (ketakutan), dan hal-hal baik lainnya setelah kematian.

3. Melindungi dari siksa neraka

Setiap orang, khususnya umat Islam, menginginkan perlindungan dari siksa neraka. Makna perlindungan dari doa ini adalah memohon kepada Allah SWT agar dilindungi dari siksa neraka dan dijauhkan dari segala macam keburukan yang berujung pada siksa api neraka, yaitu dengan mendapat petunjuk untuk menjauhi berbagai perbuatan yang haram dan dosa serta mampu meninggalkan hal-hal yang meragukan atau yang haram.

Kapan Saat yang Paling Tepat untuk Melafalkan?

Dalam buku Rahasia Dahsyat Energi Sapu Jagat, (2020) karya M.Gofur Khalil menjelaskan bahwa waktu yang baik untuk membaca doa sapu jagat adalah setelah selesai berdoa. Apapun jenis doa yang dipanjatkan, pada akhirnya doa sapu jagat akan menjadi doa penutup. Keutamaan doa sapu jagat semakin terasa bila dibaca setelah shalat fardu atau sunnah. (Z-10)

 

Sumber:

  • NU Online, "Doa Sapu Jagat".
  • Cari Ustadz, "Hakikat Doa dan Keutamaan Doa Sapu Jagat"

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat