visitaaponce.com

Dukung UMKM di Wonosobo, Pama Group Fasilitasi Program Berbasis Lingkungan

Dukung UMKM di Wonosobo, Pama Group Fasilitasi Program Berbasis Lingkungan
Pama Group, bagian dari Astra Internasional mendukung masyarakat di Dusun Kawista, Desa Adiwarno, Wonosobo untuk mengembangkan UMKM.(MI/FAUSTINUS NUA)

PAMA Group, bagian dari Astra Internasional mendukung masyarakat di Dusun Kawista, Desa Adiwarno, Kabupaten Wonosobo untuk mengembangkan UMKM. Lewat Program Iklim (ProKlim), Pama memfasilitasi masyarakat untuk meningkatkan ekonomi yang berbasis pada pelestarian lingkungan hidup.

"ProKlim seperti ini akan makin bagus selain perusahaan bergerak, masyarakat juga bergerak. Sehingga makin banyak usaha positif dan mendukung ekonomi masyarakat," ujar Direktur Pama Ari Sutrisno di Wonosobo, Selasa (7/5).

UMKM yang difasilitasi Pama seperti pengelolaan sampah menjadi bahan bernilai ekonomis. Pama juga memberi literasi keuangan bagi warga dengan menerapkan tabungan sampah. Artinya, masyarakat yang mengumpulkan sampah plastik akan mendapatkan buku tabungan.

Baca juga : Peran Perempuan dalam UMKM Ramah Lingkungan: Peluang dan Tantangan

Di sisi lain, Pama juga menyelenggarakan Bazar UMKM. Hasil dari Bazar tersebut diberikan kepada anak yatim piatu sebagai santunan.

"Mudah-mudahan program yang baik ini layak dicontoh oleh masyarakat lain, layak disebarkan. Kalau semua menjalankan ProKlim lebih baik insyaallah Indonesia lebih baik," kata Ari.

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat menyampaikan apresiasi atas dukungan Pama Group. Dalam sambutan yang dibacakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wonosobo Endang Listianingsi, disampaikan bahwa Kabupaten Wonosobo termasuk daerah dengan emosi gas rumah kaca yang tinggi.

Baca juga : Inovasi Pendanaan Hijau Supernova Ecosystem Targetkan Konservasi 700 ribu Hektare

"Permasalahan lingkungan yang memprihatinkan hendaknya menjadi perhatian bersama. Sudah sepatutnya kita terus mendukung upaya pelestarian lingkungan termasuk ProKlim," ucapnya.

Program tersebut menurutnya berdampak positif bagi ekonomi, lingkungan, pendidikan dan keseharian masyarakat. Untuk itu perlu disebarluaskan agar makin banyak daerah yang mengembangkan UMKM dengan tetap memperhatikan pelestarian lingkungan.

"Mudah-mudahan ini dapat menginspirasi dusun-dusun, desa-desa lain untuk berbenah dan sadar akan kelestarian lingkungan hidup," kata dia. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat