visitaaponce.com

Peran Perempuan dalam UMKM Ramah Lingkungan Peluang dan Tantangan

Peran Perempuan dalam UMKM Ramah Lingkungan: Peluang dan Tantangan
Data menunjukkan peningkatan signifikan dalam jumlah perempuan yang memulai bisnis selama pandemi(MI/Meilani)

USAHA Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam ekonomi nasional. Termasuk para perempuan pelaku UMKM yang berbasis bisnis ramah lingkungan

Ternyata jumlah perempuan di unit usaha ini lebih besar dibandingkan kaum pria. 

"Di Tokopedia, jumlah perempuan pelaku usaha yang memulai bisnis selama pandemi meningkat 1,5 kali lipat lebih tinggi dibanding laki-laki. Selama tahun 2023, wilayah seperti Palembang, Tangerang, Surabaya, Makassar, dan Denpasar mencatat kenaikan jumlah perempuan pelaku usaha lebih dari 2,5 kali lipat," ujar Antonia Adega, Communications Senior Lead Tokopedia di Jakarta, Jumat (19/4).

Baca juga : UMKM Perempuan Diajak Berikan Produk dan Layanan Terbaik bagi Pelanggan

Mengacu pada data itu, ditambah lagi jelang Hari Kartini dan Hari Bumi pada 21 April dan 22 April 2024, Tokopedia dan TikTok mendorong partisipasi perempuan di sektor wirausaha. Mereka menghadirkan Kelas Perempuan Maju Digital dan Modul Perempuan Maju Digital. 

Di sisi lain, Antonia juga mencatat peningkatan jumlah perempuan pembeli, terutama di wilayah seperti Tangerang, Cirebon, Klaten, Manado, dan Pangkal Pinang.

Selain memberdayakan perempuan pelaku UMKM, kata Antonia, pihaknya menghadirkan Tokopedia Hijau. Program ini mengajak masyarakat dapat menemukan produk ramah lingkungan yang terkurasi dari pelaku usaha lokal, seperti Klandizie dan Serenitree.

Baca juga : Dukung para Ibu Rumah Tangga Membangun Bisnis dari Rumah

"Dalam menghasilkan produk, Klandizie selalu melakukan riset komprehensif agar bahan yang digunakan aman untuk pelanggan dan betul-betul ramah lingkungan," ungkap Amanda, Co-Founder Klandizie yang menjual barang ramah lingkungan preloved.

Sementara itu, Serenitree, yang didirikan oleh Sandra Djajadisastra, menawarkan produk sabun mandi dan body lotion organik untuk mengatasi masalah kulit sensitif. Sandra menyatakan, "Kemasan Serenitree tidak menggunakan seal plastik dan dapat didaur ulang agar lebih ramah lingkungan."

Jadi perempuan tetap bisa berwirausaha sambil meningkatkan ekonomi lokal dan membangun lingkungan yang berkelanjutan. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat