visitaaponce.com

Jemaah Haji Tersasar Sehari Rata-rata di Atas 100 Orang

Jemaah Haji Tersasar Sehari Rata-rata di Atas 100 Orang
Jemaah haji Indonesia memasuki Raudhoh menggunakan surat izin (tasreh), Sabtu (18/5/2024).(Henri Lukmanul Hakim - MCH 2024)

SEJAK dimulainya gelombang kedatangan jemaah haji Indonesia di Madinah, Arab Saudi pada pekan lalu, insiden jemaah tersasar di Madinah masih terus berlangsung. Setiap hari, temuan jemaah yang kebingungan saat hendak kembali ke penginapannya masih banyak.

Per hari, lebih dari 100 insiden yang terjadi. Penyebabnya beragam. Mulai dari tertinggal rombongan, lupa rute balik hotel, kebingungan gara-gara keluar masjid lewat pintu yang berbeda, atau faktor lain.

Seperti pada Selasa (21/5) sore hingga Rabu (22/5) Waktu Arab Saudi, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi di sektor khusus Masjid Nabawi mencatat ada 109 jamaah yang kesulitan untuk kembali ke tempat penginapannya.

Baca juga : Kerap Tersesat, Jemaah Diimbau Selalu Bawa Identitas

Dari jumlah itu, 70 orang jemaah harus diantarkan ke hotelnya oleh petugas. Sedangkan, sisanya dijemput oleh jamaah satu rombongannya atau pimpinan kloternya.

Kepala Sektor Khusus Masjid Nabawi PPIH Arab Saudi, Surnadi, menjelaskan, memang sampai saat ini masalah jemaah kesasar menjadi insiden yang paling dominan ditangani oleh petugas di area Masjid Nabawi. "Namun, Alhamdulillah, semua hal itu bisa diatasi. Semua jemaah bisa kembali ke hotelnya," ujarnya.

Sejak awal, kata Surnadi, PPIH memang sudah mengantisipasi potensi ini. "Karena itu, di area Masjid Nabawi ditempatkan petugas khusus di seluruh sektor," katanya.

Nantinya, petugas ini lah yang akan membantu pemulangan jemaah. "Bisa diantar ke hotel oleh petugas, atau menghubungi ketua kloternya," katanya.

Sejumlah jamaah yang berada di kawasan Nabawi memang mengaku sedikit bingung. "Alhamdulillah akhirnya dibantu petugas," kata Isqaha, jamaah asal embarkasi Lampung. (P-5)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat