visitaaponce.com

Jelang Puncak Haji, Jemaah Dilarang Bepergian ke Luar Kota Mekah

Jelang Puncak Haji, Jemaah Dilarang Bepergian ke Luar Kota Mekah
Jelang Puncak Haji, Jemaah Dilarang Bepergian ke Luar Kota Mekah(ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

PETUGAS Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi mengeluarkan Surat Edaran kepada jemaah yang telah berada di Mekah maupun yang akan tiba untuk tidak melakukan perjalanan ke luar kota perhajian menjelang puncak haji.

Edaran ini diterbitkan seiring dengan kebijakan Pemerintah Saudi yang semakin memperketat pemeriksaan di check point pintu masuk Kota Mekah.

“Karenanya, demi keselamatan dan kenyamanan jemaah, PPIH melalui perangkat kloter, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) dan petugas lainnya mengimbau jemaah agar tidak keluar Kota Mekah sebelum puncak haji,” ungkap Anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda dilansir dari keterangan resmi, Kamis (6/6).

Baca juga : Daker Mekah Matangkan Persiapan Menerima Jemaah Haji

“Jemaah yang melaksanakan ziarah ke luar kota perhajian dikhawatirkan akan mendapatkan kendala saat masuk kembali ke Kota Mekah karena pemeriksaan ketat di check point pintu masuk kota,” sambungnya.

Selain itu, lanjut Widi, ketika ke luar hotel atau ke Masjidil Haram, jemaah agar senantiasa membawa identitas pengenal berupa smart card, gelang identitas atau paspor, sehingga ketika ada pemeriksaan oleh aparat Saudi, dapat menunjukkan identitas lengkapnya, terutama ketika jemaah terpisah dari rombongan.

“Mengingat cuaca panas, saat ke luar hotel, jemaah agar selalu mengenakan alat pelindung diri (APD) berupa topi lebar, payung atau kaca mata hitam untuk menghindari sinar UV matahari, membawa air minum agar tidak dehidrasi,” ucap dia.

Hingga 4 Juni 2024 pukul 21.00 Waktu Arab Saudi (Was) atau 5 Juni 2024 pukul 01.00 Waktu Indonesia Barat (WIB), jemaah haji yang sudah tiba di Tanah Suci berjumlah 178.324 orang yang terbagi dalam 454 kelompok terbang.

“Jemaah yang wafat berjumlah 43 orang, dengan rincian, wafat di Embarkasi 3 orang, di Madinah 16 orang, di Mekah 22 orang, dan di Bandara 2 orang. Seluruh jemaah wafat akan dibadalhajikan,” pungkasnya. (Des/P-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat