visitaaponce.com

Waspada Daftar 5 Makanan Ini Bisa Bikin Kaki Bengkak

Waspada! Daftar 5 Makanan Ini Bisa Bikin Kaki Bengkak
ilustrasi kaki benglak(Freepik)

PERNAHKAH Anda mengalami kaki bengkak setelah makan? Bengkak pada kaki bisa disebabkan oleh berbagai faktor, terutama pola makan

Bengkak pada kaki adalah suatu kondisi medis yang disebut edema yang terjadi akibat penumpukan cairan  di jaringan.

Apa Itu Edema dan Apa Penyebabnya?

Baca juga : Tulang Telapak Kaki, Fungsi dan Penyakitnya

Edema adalah cairan atau pembengkakan yang terjadi pada jaringan tubuh, rongga, atau organ. Penyakit ini paling sering terjadi pada kaki, namun bisa juga terjadi pada bagian tubuh lainnya.

Kondisi ini menyebabkan pembengkakan yang tidak nyaman, kulit kencang dan berkilau, serta perubahan warna dan lekukan saat diberi tekanan.

Beberapa faktor lain yang menjadi penyebab kaki bengkak, meliputi obat-obatan tertentu seperti obat tekanan darah, pil kontrasepsi, terapi hormonal, antidepresan, dan steroid, serta kondisi medis seperti penyakit ginjal, masalah jantung, pembekuan darah, dan insufisiensi vena kronis yang dapat menyebabkan pembengkakan, dan terjadinya cedera atau infeksi.

Baca juga : Ini Tips Diet Sehat Bagi Penderita Obesitas

Daftar Makanan yang Bisa Bikin Kaki Bengkak

Ada beberapa makanan yang bisa menjadi faktor pembengkakan kaki, di antaranya:

1. Roti dan pasta

Baca juga : Ramalan Zodiak Gemini Pekan Ini: Hubunganmu dengan Pasangan Makin Romantis

Makanan berbahan dasar tepung terigu (seperti roti dan pasta) bisa menyebabkan pembengkakan pada sebagian orang. Hal ini terutama berlaku bagi orang-orang yang memiliki intoleransi gluten.

Jika penderita intoleransi gluten mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, dapat terjadi peradangan di dalam tubuh sehingga menyebabkan pembengkakan. Oleh karena itu, mungkin ada gunanya mencoba menghilangkan roti dan pasta dari makanan Anda selama beberapa minggu untuk melihat apakah gejala Anda membaik.

2. Daging deli

Baca juga : Pola Makan Vegetarian Dapat Menurunkan Risiko 3 Penyakit Ini Secara Signifikan!

Selain itu, makanan yang banyak mengandung natrium juga dapat menyebabkan pembengkakan, salah satunya daging deli. 

Daging deli mengandung banyak natrium. Rata-rata 100 gram daging deli kemasan mengandung 1.293 mg natrium. Pedoman diet merekomendasikan  menjaga kadar natrium di bawah 2.300 miligram per hari. 

Daripada menggunakan daging deli, ahli gizi menyarankan untuk menggantinya dengan pilihan lebih sehat yang kaya protein, seperti telur, tahu, dan tempe.

3. Makanan yang digoreng

Jika Anda sering mengalami kaki bengkak, coba hilangkan makanan yang digoreng dari menu makanan Anda.

Natrium dan lemak jenuh yang terdapat pada gorengan dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan. Oleh karena itu, ahli gizi menganjurkan memasak dengan cara lain. Dimulai dengan dipanggang, dikukus, atau direbus.

4. Jus

Jus bisa menjadi minuman sehat jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Namun, ada beberapa jus yang mengandung gula tambahan.

Menambahkan gula pada jus dapat menyebabkan peradangan hingga terjadi pembengkakan. Oleh karena itu, usahakan konsumsi jus secukupnya dan hindari tambahan gula.

5. Soda

Terakhir, makanan yang dapat menyebabkan kaki bengkak antara lain makanan dan minuman tinggi gula, seperti soda.

Pasalnya, asupan gula yang berlebihan menyebabkan peradangan pada tubuh. Pedoman diet merekomendasikan untuk membatasi gula hingga kurang dari 10 persen dari total asupan kalori harian Anda.

Artinya, jika Anda mengonsumsi rata-rata 2.000 kalori per hari, kurang dari 200 kalori tersebut adalah berasal dari gula. (P-5)

Sumber: parade.com

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat