visitaaponce.com

Ini 3 Hal yang Dapat Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Jarang Mandi

Ini 3 Hal yang Dapat Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Jarang Mandi
Ilustrasi(Freepik)

MANDI secara rutin akan membuat tubuh tetap segar. Sebaliknya, apa yang akan terjadi pada tubuh orang yang jarang mandi?

Aktivitas mandi dapat membersihkan tubuh dari kuman, bakteri, debu, keringat, dan minyak yang menumpuk di kulit sepanjang hari. Mandi juga menjadi salah satu aktivitas bersantai ketika lelah beraktivitas.

Namun, banyak orang yang malas mandi karena berbagai alasan. Bahkan, orang tersebut mungkin bisa tidak mandi berhari-hari. Kenyataannya, jarang mandi tidak hanya menimbulkan bau badan, tapi juga berdampak buruk bagi kesehatan.

Baca juga : Ini Kandungan Terbaik untuk Perawatan Kulit Anda

Berikut ini adalah hal yang terjadi pada tubuh jika Anda jarang mandi:

1. Infeksi Jamur

Infeksi dapat terjadi ketika kulit tidak mampu mencegah atau melawan bakteri dan jamur berbahaya. Pasalnya, jika tidak dilakukan perawatan yang tepat dengan mandi, terdapat risiko seperti terjadinya infeksi jamur.

Infeksi jamur dapat berupa kurap atau staphylococcus. Oleh karena itu, mandi setelah bersentuhan pada permukaan tersebut akan membantu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah tubuh dari berbagai infeksi.

2. Bau Badan

Keringat yang keluar dari tubuh pada dasarnya tidak berbau. Namun jika bercampur dengan bakteri yang biasa berada di kulit, bisa jadi menimbulkan bau badan.

Baca juga : Ini Penyakit Kulit yang Berpotensi Timbul Saat Musim Hujan

Ada dua jenis kelenjar keringat yang menghasilkan aroma berbeda, yakni kelenjar ekrin dan kelenjar apokrin. 

Kelenjar ekrin terletak di seluruh tubuh dan terbuka langsung ke permukaan kulit, sedangkan kelenjar apokrin terletak di dekat folikel rambut, seperti ketiak dan selangkangan.

Kelenjar ekrin mengeluarkan keringat dan membantu menurunkan suhu tubuh. Sebaliknya, saat seseorang stres, kelenjar apokrin mengeluarkan cairan berbeda. Jika keduanya bercampur dengan bakteri di kulit, maka bau badan bisa timbul.

3. Kondisi Kulit yang Menjadi Lebih Buruk

Tidak mandi tidak hanya dapat menyebabkan masalah kulit baru, tetapi juga dapat memperburuk kondisi yang sudah ada seperti dermatitis atopik, yang biasa disebut eksim.

Eksim menyebabkan kemerahan dan gatal pada kulit, yang dapat merusak pelindung kulit dan menyebabkan peradangan lebih lanjut. Pembersihan rutin dapat membantu mencegah beberapa komplikasi ini dengan mengembalikan kelembapan kulit melalui mandi. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat