visitaaponce.com

Lindungi Diri dari Diabetes Tipe 2, Ini Caranya

Lindungi Diri dari Diabetes Tipe 2, Ini Caranya
Ilustrasi: warga mengikuti flashmob di arena car free day di Bundaran HI, Jakarta Minggu(MI/Usman Iskandar)

DIABETES adalah penyakit metabolik yang sangat berbahaya. Jika tidak hati-hati, penderita diabetes, khususnya diabetes tipe 2 bisa mengalami komplikasi seperti kebutaan, penyakit jantung, stroke, bahkan gagal ginjal. Lantas, apakah pola hidup sehat dan olahraga bisa melindungi diri dari diabetes tipe 2? Simak penjelasannya.

Apa itu Diabetes Tipe 2?

Diabetes tipe 2 merupakan penyakit jangka panjang yang terjadi ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara efektif. Penyakit ini merupakan kondisi umum dimana kadar gula (glukosa) dalam darah menjadi terlalu tinggi.

Jika seseorang menderita diabetes tipe 2, tubuh akan mengalami dua masalah umum. Pertama, pankreas tidak memproduksi cukup insulin untuk menurunkan kadar gula darah. Kedua, sel mempunyai respon yang buruk terhadap insulin, sehingga hanya mampu menyerap sedikit gula.

Baca juga : Jaga Kesehatan Jantung dalam Setiap Tahap Kehidupan

Apakah Pola Hidup Sehat dan Olahraga dapat Melindungi Diri dari Diabetes Tipe 2?

Saat ini masih kurangnya penelitian berkualitas tinggi yang menunjukkan pentingnya olahraga dan kebugaran pada penderita diabetes. Namun, saat ini dapat diketahui bahwa melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan kontrol gula darah, mencegah atau menunda diabetes tipe 2, dan meningkatkan lipid, tekanan darah, kejadian penyakit kardiovaskular, kematian, dan kualitas hidup. 

Studi penelitian dan uji klinis menunjukkan bahwa berjalan kaki selama 30 menit atau olahraga intensitas rendah lainnya per hari, dikombinasikan dengan diet rendah lemak dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 58 persen pada populasi berisiko tinggi. Oleh karena itu, banyak ahli kesehatan yang merekomendasikan pola makan dan olahraga yang tepat untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Selain itu, penurunan berat badan melalui pola makan sehat dan peningkatan aktivitas fisik memungkinkan sel otot menggunakan insulin dan glukosa lebih efisien, sehingga mengurangi risiko diabetes. Kurangnya olahraga dapat membuat sel otot menjadi kurang sensitif terhadap insulin yang mengatur kadar gula darah.

Berikut pola hidup sehat yang dapat dilakukan penderita diabetes tipe 2:

  • Mengonsumsi makanan sehat: Pilihlah makanan yang rendah lemak dan kalori serta tinggi serat. Fokus pada buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.
  • Olahraga: Lakukan setidaknya 150 menit latihan aerobik mulai dari intensitas sedang hingga berat, seperti jalan kaki, jalan cepat, bersepeda, lari, berenang, dan lain sebagainya.
  • Diet sehat: Jika penderita pradiabetes mempertahankan berat badannya, mereka dapat memperlambat perkembangan pradiabetes menjadi diabetes tipe 2. Kehilangan 7 hingga 10 persen berat badan diketahu dapat mengurangi risiko diabetes.
  • Menjaga kadar gula darah: Anda dapat mengambil langkah ini dengan memantau kadar gula darah Anda. Selain pemantauan, pastikan untuk mengambil langkah-langkah untuk menurunkan kadar gula darah. Sebab, meski kadar gula darah Anda tinggi, Anda mungkin tidak mengalami gejala apa pun. (Z-7)


Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat