visitaaponce.com

Ini Cara Aktor Surya Saputra Menerapkan Pola Hidup Sehat

Ini Cara Aktor Surya Saputra Menerapkan Pola Hidup Sehat
Pola hidup sehat tidak hanya mengacu pada pola makan bergizi. Ini tips dari Surya Saputra dalam menjalankan pola hidup sehat.(MI/Eve)

MENERAPKAN pola hidup sehat memang menjadi prioritas utama aktor senior Surya Saputra. Ia mengatakan pola hidup sehat adalah cara untuk meningkatkan kualitas hidup, menjaga energi dalam tubuh, dan mencegah berkembangnya berbagai penyakit kronis dan kematian dini. 

Pola hidup sehat tidak hanya mengacu pada pola makan bergizi dan olahraga, tetapi juga seluruh aspek  kehidupan yang berkaitan dengan kondisi fisik, mental, dan  sosial. Lalu bagaimana cara memulai pola hidup sehat?

Untuk memulai pola hidup sehat, Surya memulai dengan banyak minum air putih. Asupan air yang cukup sangat penting untuk menunjang metabolisme tubuh dan menjaga daya tahan tubuh. Minum delapan gelas atau dua liter air per hari dapat melindungi tubuh dari risiko dehidrasi dan penyakit lainnya.

Baca juga : Indonesia Siap Masuk Endemi, Masyarakat Diingatkan Konsisten Terapkan Pola Hidup Sehat

“Menerapkan pola hidup sehat itu coba dengan minum air putih yang banyak. Selalu bawa air putih jika beraktivitas di luar rumah,” ucap Surya Saputra saat ditemui awak media dalam acara Media Launching Entrasol Susu Can Steril, Rabu, (22/5) di Jakarta.

Selanjutnya, usahakan untuk tidak terlalu banyak begadang. Kurang tidur atau keseringan begadang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius (kronis) seperti penyakit jantung, kanker, dan obesitas. Karena, sering begadang dapat menyebabkan masalah emosi dan meningkatkan nafsu makan.

Ketiga, Berolahraga. Olahraga sangat penting untuk dilakukan karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan tidak mudah terserang penyakit.

Baca juga : Ini Cara Mendeteksi Orang yang Tengah Stres

“Olahraga selalu saya lakukan. Bahkan, saya selalu membawa sepatu olahraga dan celana pendek. Kapan pun saya ingin berolahraga, atau jika saya memiliki waktu luang selama satu jam, saya berolahraga, meskipun hanya lari-lari ringan,” kata Surya.

Terakhir, menurut Surya, cara menerapkan pola hidup sehat adalah dengan mengurangi stres. Diketahui bahwa stres berkepanjangan dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga lebih rentan terserang penyakit.

“Stres dapat merusak pikiran dan merusak badan juga, jadi cobalah untuk mengurangi stres. Dan jika memiliki hobi seperti mendaki gunung atau yoga, lakukanlah. Atau seperti yang sedang saya saya lakukan sekarang naik Vespa agar bisa mengelola stres,” ujarnya.

Baca juga : Ini Tips Mencegah Stres karena Penggunaan Media Sosial

Tips menarik yang kerap dilakukan Surya, yaitu grounding. Aktivitas ini adalah aktivitas atau terapi yang paling mudah untuk dilakukan, yaitu dengan berjalan tanpa alas kaki dan merilekskan kaki yang bersentuhan langsung  dengan tanah atau rumput.

“Jadi, saya punya kebiasaan sehari-hari namanya grounding. Grounding artinya berjalan bersentuhan langsung dengan bumi sambil nyeker. Menurut saya, itu juga menjadi saluran energi positif dan penyembuhan,” jelasnya.

Surya juga menambahkan bahwa dirinya selalu menghindari lingkungan yang tidak sehat seperti berada dekat dengan asap rokok, terlalu banyak minum kopi dan hal-hal buruk lainnya. Surya mengaku dirinya pernah mengalami cedera tulang punggung saat masih bersekolah, sehingga ia sangat berhati-hati dengan gaya hidup dan pola makannya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat