visitaaponce.com

Ini Tips Agar Keuangan Usaha Tidak Merugi bagi Pebisnis Pemula

Ini Tips Agar Keuangan Usaha Tidak Merugi bagi Pebisnis Pemula
Fashionpreneur Rizka Ade (kanan), dalam peluncuran kanal Jelita, Media Indonesia, 21 Juni 2024 di Jakarta.(Dok. MI)

MENJALANKAN sebuah usaha bukan perkara yang sederhana. Salah satu hal yang sering membuat usaha gagal berkembang adalah ketidakmampuan seorang pebisnis pemula dalam mengelola keuangan dari usaha yang dijalankan.

Fashionpreneur, Rizka Ade, mengatakan dirinya juga sempat mengalami sedikit kebingungan dalam mengelola keuangan dari bisnis yang ia jalankan. Rizka Ade menjalankan bisnis di bidang fesyen sejak tahun 2020.

Rizka menceritakan, awalnya ia banyak menjalankan bisnis dengan mengandalkan uang tabungan keluarga serta pemberian suaminya. Namun, pada akhirnya ia merasa cara tersebut tidak efektif dan akan membuat bisnisnya sulit berkembang.

Baca juga : Kiat Sukses Sinta Diamor Dirikan Bisnis Kosmetik yang Berdaya Saing

Logo Sponsor Launching <a  data-cke-saved-href='https://visitaaponce.com/tag/jelita' href='https://visitaaponce.com/tag/jelita' title='Jelita' rel='dofollow'>Jelita</a> Media Indonesia

Agar tidak mengalami kerugian dan kegagalan dalam mengelola keuangan bisnis, berikut tips dari Rizka Ade.

1. Pisahkan keuangan pribadi dengan bisnis

Rizka Ade menegaskan, sangat penting untuk memisahkan keuangan yang digunakan untuk kebutuhan pribadi dan untuk bisnis.

Baca juga : Catat! Inilah Enam Tips Juanito Alfa Jadi Pengusaha Muda yang Sukses

“Tidak boleh gabungkan keuangan pribadi dengan bisnis. Teknisnya kita taruh di dompet yang berbeda. Kalau punya rekening, siapkan masing-masing untuk kebutuhan berbeda,” katanya, dalam peluncuran Kanal Jelita, Media Indonesia, di Vertu Harmoni Jakarta, Jumat, 21 Juni 2024.

2. Catat setiap transaksi keuangan dengan ketat

Rizka Ade juga mengatakan, jika ingin manajemen keuangan bisnis yang dijalankan lancar, pastikan sistem administrasi dan pencatatan dibuat dengan rapi dan teliti.

Baca juga : Inilah Tips Dongkrak Pendapatan Bisnis Kuliner Saat Ramadan

“Harus mencatat setiap pengeluaran, entah pengeluaran pribadi atau bisnis. Catatannya harus terpisah. Agar tahu seberapa besar yang dikeluarkan masing-masing,” katanya.

3. Disiplin membayar utang

Rizka mengatakan, bisnis kecil-kecilan biasanya dimulai dengan menggunakan uang pribadi atau tabungan keluarga sebagai modal. Meski begitu, ia berpesan jangan menggampangkan penggunaan tersebut, melainkan tegaskan bahwa itu adalah bagian dari utang usaha.

“Dengan begitu kita juga jadi lebih termotivasi, bagaimana caranya harus mendapatkan untung supaya bisa membayar utangnya juga, meski misalnya sama suami sendiri,” tuturnya.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat