visitaaponce.com

Ikut Menjaga Bumi, Ketum REI Gencarkan Penanaman Sejuta Pohon

Ikut Menjaga Bumi, Ketum REI Gencarkan Penanaman Sejuta Pohon
Penanaman pohon dilakukan di sejumlah daerah seperti Jakarta, Denpasar, Batam, dan Pekanbaru.(Dok REI)

JELANG akhir semester I-2024, Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) terus giat melaksanakan dua program strategis organisasi yakni penanaman sejuta pohon dan mendorong pertumbuhan sektor properti melalui gelaran pameran (REI Expo) di seluruh Indonesia.

Bahkan dalam sepekan terakhir, Ketua Umum DPP REI Joko Suranto menghadiri event penanaman pohon dan pameran properti di dua daerah sekaligus yakni di Provinsi Bali dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Minggu ini saya menyempatkan diri untuk hadir langsung memenuhi undangan DPD REI Bali dan DPD REI DIY yang melakukan aksi penanaman pohon dan pameran. Ini sejalan dengan komitmen kami untuk mendukung upaya pemerintah dalam melestarikan bumi dengan penghijauan dan mendorong geliat perekonomian lewat event pameran properti se-Indonesia,” kata Joko Suranto, di Jakarta, Minggu (26/5).

Baca juga : Kinerja Pengembang Sediakan Sertifikat HGB jadi Pertimbangan Konsumen Pilih Properti

Di Bali, REI melakukan penanaman 1.000 pohon mangrove di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Selasa (21/5). Kegiatan ini dilakukan jelang Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia.

Di Yogyakarta, REI menanam 1.000 pohon yang secara simbolis dipusatkan di Perumahan Tjokro Emerald, Pringwulung, Depok-Sleman, Jumat (24/5). Menurut CEO Buana Kassiti Group tersebut, sejak dicanangkan pada 11 Februari 2024 (syukuran HUT ke-52 REI) hingga kini penanaman pohon oleh REI realisasinya mencapai sekitar 35 ribu pohon yang terdiri dari tanaman keras, tanaman hias dan tanaman mangrove.

Sebelumnya, REI sudah menanam pohon di Lampung, Ekowisata Mangrove Kapuk (Jakarta), Waduk Duriangkang (Batam), Perumahan Puritama Village (Pekanbaru, Riau), dan kawasan wisata Parapuar (Labuan Bajo, NTT).

Baca juga : 10.000 Pohon Mangrove dari EIGER untuk Selamatkan Pesisir Pantura

 “Semua aksi nyata ini merupakan bagian dari program penanaman sejuta pohon REI. Program ini dilakukan untuk merespons kondisi perubahan iklim yang pada akhirnya menjadi cara terbaik kita untuk mewariskan bumi yang lebih baik bagi generasi mendatang. Alhamdulilah program ini mendapat sambutan dari seluruh DPD REI,” ujar Joko.

Nantinya, melalui program ini setiap unit rumah yang akad kredit pemilikan rumah (KPR) di perumahan milik anggota REI baik perumahan subsidi maupun komersial diwajibkan menanam minimal dua pohon di pekarangan rumah dan kawasan perumahan. Ditargetkan penanaman sejuta pohon REI akan selesai paling lama akhir 2027.

“Setiap tahun anggota REI merealisasikan sekitar 106 ribu rumah subsidi yang kalau dikali dua pohon berarti sudah 212 ribu pohon. Selain 60 ribu rumah komersial yang berarti ada tambahan lagi sekitar 120 ribu pohon. Jadi, setidaknya ada 250 ribu hingga 300 ribu pohon yang ditanam setiap tahunnya,” jelas alumnus Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta tersebut.

Baca juga : Kuartal I/2024, Pra-penjualan LPKR Tercatat Sebesar Rp1,5 Triliun

Untuk menjaga konsistensi dan membantu DPD REI di seluruh Indonesia dalam penyediaan bibit pohon, DPP REI menginisiasi kehadiran Kebun Pembibitan REI (KPR) di Lampung.

Fasilitas pembibitan serupa akan didirikan di 9 lokasi lain seperti Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Makassar dan Manado.
Selain program penghijauan, REI terus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui pelaksanaan pameran properti di seluruh Indonesia.

Pameran properti digelar setiap DPD REI bekerja sama dengan perbankan. Terlebih, kata Joko, saat ini pemerintah masih menyediakan insentif berupa pajak pertambahan nilai ditanggung pemerintah (PPN) yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk membeli properti (time to buy property).

“Pameran ini penting karena mendekatkan masyarakat yang ingin membeli rumah dengan properti terbaik yang dibangun anggota REI. Kemarin saya hadir di REI Expo di Living World Bali dan di Pakuwon Mall Yogyakarta, dan melihat langsung antusiasme masyarakat,” pungkasnya. (H-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat