visitaaponce.com

Tiba di Jeddah, Tambahan Petugas Haji Indonesia Disebar di Tiga Daker

Tiba di Jeddah, Tambahan Petugas Haji Indonesia Disebar di Tiga Daker
Petugas haji Daker Makkah menggendong calon haji Indonesia setibanya di hotel di Makkah, Jumat (2Jumat (24/5/2024).(ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

SEBANYAK 107 petugas haji tambahan dari Indonesia telah tiba di Bandara King Abdul Aziz International (KAAIA) Jeddah, Selasa (28/5) sebagai rombongan pertama sekaligus menandai dimulainya pelayanan haji tahun ini.

Adapun, 107 petugas itu antara lain tim monitoring dan evaluasi (monev) 6 orang, kepala bidang 4 orang, dan petugas tambahan 97 orang.

Untuk 97 petugas tambahan disebar ke tiga daerah kerja (daker) antara lain Mekkah 65 orang, Bandara 18 orang, dan Madinah 14 orang.

Baca juga : Jelang Bergeser ke Makkah, Petugas Matangkan Penanganan Krisis Jemaah

Ketua Dalgas Petugas Haji Indonesia, Hasan B Sagala, menjelaskan para pettugas yang ditempatkan di 3 daker terdiri dari berbagai bidang, termasuk lansia, akomodasi, dan transportasi.

"Seluruh petugas sudah mendapatkan surat keputusan (SK) dan akan ditempatkan di seluruh sektor di 3 daker antara lain bandara, Mekkah, dan Madinah," ujarnya di Bandara King Abdul Aziz Jeddah Arab Saudi, Selasa (28/5).

Hasan menambahkan fokus utama petugas akan dipusatkan pada puncak musim haji, dengan penugasan khusus di Armuzna. Nantinya, petugas tambahan akan difokuskan ke Armuzna untuk memastikan kelancaran pelaksanaan ibadah haji.

Baca juga : Kemenag Rilis Aplikasi Kawal Haji, Ini Fitur dan Manfaatnya

Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) telah melakukan rapat zoom dengan seluruh daker untuk memastikan kesiapan petugas dan kelancaran pelaksanaan haji.

"Tujuan kami di sini adalah untuk melayani jemaah dengan sebaik-baiknya," kata Hasan.

Dia menjelaskan, semua petugas haji berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah dan memastikan seluruh layanan dan kontrak segmen haji ini terlayani dengan baik sesuai amanat undang-undang.

Selain itu, rombongan kedua petugas haji Indonesia tambahan akan menyusul pada tanggal 1 Juni. Mereka terdiri dari berbagai bidang, termasuk kesehatan, bimbingan ibadah, dan keamanan.

"Dengan kesiapan dan komitmen para petugas haji Indonesia, diharapkan penyelenggaraan haji tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses," katanya. (P-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat