visitaaponce.com

Kiprah Begawan Perkebunan Indonesia Soedjai Kartasasmita

Kiprah Begawan Perkebunan Indonesia Soedjai Kartasasmita
Soedjai Kartasasmita.(MI/HO)

SANG Begawan Perkebunan Indonesia Soedjai Kartasasmita dinilai memberikan dedikasi dan keberhasilan dari awal karier hingga masa purnabaktinya sehingga sangat patut untuk diteladani bagi pelaku perkebunan. Dengan jaringan yang luas baik di dalam maupun luar negeri, pria kelahiran Bandung, Jawa Barat, ini menjadi pemain kunci dalam memfasilitasi kerja sama dan kolaborasi yang strategis untuk memajukan industri perkebunan di Indonesia. 

Keberadaannya tidak hanya memperluas cakupan akses terhadap teknologi dan sumber daya, tetapi juga membuka pintu bagi pertukaran ide dan praktik terbaik dari berbagai negara. "Bapak Soedjai Kartasasmita ialah salah satu putra terbaik bangsa. Beliau menunjukkan kepedulian besar terhadap pengembangan sumber daya manusia, penerapan teknologi informasi, dan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam industri perkebunan, sehingga menjadikannya sebagai inspirasi utama bagi generasi muda planters nusantara yang ingin berkontribusi di sektor ini," ungkap Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III Mohammad Abdul Ghani.

Soedjai Kartasasmita telah memainkan peran penting dalam berbagai aspek perkembangan industri perkebunan. Kepeduliannya terhadap peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) tercermin melalui program pelatihan yang bekerja sama dengan negara lain. Ini bertujuan mengembangkan pengetahuan SDM tentang manajemen perkebunan modern. 

Baca juga : Jaga Integritas Perkebunan, Kementan Gelar Sosialisasi SPI

Tidak hanya itu, lanjut dia, Soedjai menginisiasi kerja sama untuk mempromosikan energi terbarukan dan mengedepankan inovasi penggunaan cangkang kelapa sawit sebagai bahan bakar untuk pembangkit listrik ramah lingkungan. Ini menjadikan industri perkebunan lebih berkelanjutan dan efisien.

Menteri Pertanian periode 2000-2004 Bungaran Saragih menyatakan bahwa Soedjai Kartasasmita merupakan pionir di bidang perkebunan. "Sukses sawit kita ini disebabkan oleh sumber daya alam, SDM, manajemen, dan leadership yang bagus dan salah satu pemain utamanya ialah beliau," ungkapnya.

Dia menilai pemberian penganugerahan doktor kehormatan (honoris causa) yang diberikan Universitas Sumatra Utara kepada Soedjai merupakan hal yang tepat. "Saya sangat menghargai itu. Karena banyak contoh yang dikasih beliau, tidak hanya pembangunan perkebunan, tetapi juga kepribadian yang baik. Tidak banyak anak Indonesia yang seperti ini, dan kita harus menghargai itu," ucapnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat