visitaaponce.com

USU Luncurkan Telemedicine Covid-19, Layanan Digital untuk Pasien Isoman

USU Luncurkan Telemedicine Covid-19, Layanan Digital untuk Pasien Isoman
Rektor Universitas Sumatra Utara Muryanto Amin(MI/YOSEPH PENCAWAN)

BERTEPATAN dengan perayaan Dies Natalis ke-69, Universitas Sumatra Utara meluncurkan layanan kesehatan digital untuk pasien covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri.

Rektor USU Muryanto Amin mengatakan, layanan bernama Telemedicine Covid-19 itu dioperasikan sebagai bentuk pengabdian masyarakat untuk membantu pasien covid-19.

"Ini merupakan platform layanan kesehatan jarak jauh (online) untuk pasien covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman)," ujarnya di sela-sela peluncuran, Selasa (21/9).

Dia menjelaskan, dengan layanan ini pasien isoman tidak perlu ke rumah
sakit untuk bisa berkonsultasi dengan dokter.

Pasien juga bisa mendapatkan obat yang diantar langsung ke rumah atau
tempat mereka menjalani isoman.

Untuk dapat memanfaatkan layanan ini pasien isoman hanya perlu mengakses laman rawatcovid-sumut.usu.ac.id. Dengan fasilitas layanan di dalamnya pasien isoman bisa mendapat perawatan dan pengobatan dari rumah.

Menurut Mury, layananan digital tersebut dibangun hasil kolaborasi antara Pemkot Medan, Pemprov Sumatra Utara, USU dan Ikatan Dokter Indonesia. Baginya, ini merupakan bukti nyata keberhasilan kolaborasi antara pemerintah, perguruan tinggi dan komunitas.

"Dengan berkolaborasi kita membuktikan bahwa kita dapat membuat program
yang bisa langsung dirasakan masyarakat. Telemedicine ini akan memberikan dampak positif yang sangat signifikan, khususnya untuk menekan angka covid-19," kata Mury.

Adapun peluncuran layanan ini secara simbolis dilakukan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Rektor USU Dr Muryanto Amin dan Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Presiden Joko Widodo juga hadir memberi sambutan. Jokowi mengapresiasi USU yang telah memanfaatkan momentum dies natalis untuk memantapkan langkah internasionalisasi agar menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, inovasi yang unggul. (N-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : NUSANTARA

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat