visitaaponce.com

KLHK Cek Jangka Waktu Kematian 26 Badak di Ujung Kulon

KLHK Cek Jangka Waktu Kematian 26 Badak di Ujung Kulon
ilustrasi : kerangka Badak Jawa atau Bada Bercula-satu(MI/ROMMY PUJIANTO)

SEBANYAK 26 badak bercula satu di Ujung Kulon mati akibat perburuan liar. Polda Banten pun telah menetapkan sebanyak 13 tersangka dalam kasus tersebut. 

Direktur Jenderal Konservasi dan Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Satyawan Pudyatmoko mengungkapkan, pihaknya masih melakukan klarifikasi terkait dengan kematian 26 badak tersebut.

“Kita harus masih pastikan, 26 itu kan jangka waktunya belum dijelaskan. Mungkin 26 sejak tahun 2010 atau 2015, kita tidak tahu,” kata Satyawan saat ditemui di Medan, Sumatra Utara, Sabtu (1/6).

Baca juga : Dua Badak Jawa Lahir di Taman Nasional Ujung Kulon

Ia mengakui, dalam waktu dekat ini memang ada perburuan. Jika demikian, maka pihaknya akan langsung bergerak cepat, bekerja sama dengan Polda untuk melakukan tindakan penegakan hukum terhadap pelaku.

Adapun, untuk melakukan pemantauan terhadap populasi badak di Ujung Kulon, KLHK akan memasang camera trap yang lebih banyak dan merata agar mendapatkan jumlah yang pasti dari populasi badak saat ini.

“Selain itu untuk upaya pengembangbiakan, sedang akan kita lakukan upaya-upaya yang dilakukan di Way Kambas. Jadi dari ibu Menteri LHK ada arahan untuk melakukan semacam century yang ada di Ujung Kolon, dibangun untuk pengembangbiakan badak yang lebih aman,” pungkas Satyawan. (Ata/P-5)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat