visitaaponce.com

Prakiraan Cuaca Senin 3 Juni 2024, Waspada Hujan Melanda Sebagian Wilayah

Prakiraan Cuaca Senin 3 Juni 2024, Waspada Hujan Melanda Sebagian Wilayah
Prakiraan cuaca Senin 3 Juni 2024(BMKG)

PRAKIRAAN cuaca hujan ringan hingga petir terjadi di beberapa wilayah hari ini, Senin (3/6), menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Dalam prakiraan cuaca besok, BMKG menyebutkan terjadi sirkulasi siklon di perairan barat, Papua barat daya sehingga membentuk daerah perlambatan kecepatan angin atau konvergensi. Mulai dari Laut Arafuru hingga Laut Halmahera, Laut Maluku, Laut Banda, dan Sulawesi Utara. Kemudian perairan laut Papua bagian utara, Papua bagian tengah hingga Papua barat daya.
 
Sirkulasi ini juga membentuk daerah pertumbuhan angin atau konfluensi di perairan utara Papua barat daya. Kondisi tersebut dapat meningkatkan kemungkinan tumbuhnya awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut.

Sementara itu, angin permukaan biasanya bertiup dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan angin antara 10 hingga 50 not. Peningkatan kecepatan angin juga terpantau di wilayah laut Arafuru dengan kecepatan mencapai lebih dari 25 not yang mampu meningkatkan tinggi gelombang di wilayah sekitar perairan tersebut. 
 
Dalam hal ini, suhu udara akan berkisar antara 22 hingga 34 derajat Celcius dengan kelembaban antara 50 hingga 100 persen. Kemudian Prakiraan tinggi gelombang laut di Indonesia umumnya berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter dan waspadai risiko banjir rob di wilayah pesisir utara Jawa Tengah.

Baca juga : Prakiraan Cuaca Rabu 22 Mei, Waspadai Pembentukan Sikon Tropis

Prakiraan Cuaca Kota-Kota Besar di Wilayah Indonesia

1. Sumatera

Prakiraan cuaca di wilayah Banda Aceh umumnya berawan, wilayah Medan dan Pekanbaru berpotensi hujan ringan, sedangkan wilayah Tanjung Pinang berpotensi  hujan sedang, dan waspadai terhadap hujan petir di wilayah Padang.

Sementara wilayah Bandar Lampung berpotensi terjadi kabut, wilayah Pamgkal Pinang dan Palembang diprakirakan hujan ringan, wilayah Bengkulu berpotensi hujan sedang, dan terakhir dapat terjadi hujan petir di wilayah Jambi.

2. Pulau Jawa

Wilayah Surabaya, Semarang, dan Jakarta sebagian besar diprakirakan cerah berawan hingga berawan.
Secara keseluruhan wilayah Yogyakarta diprakirakan berawan tebal dan wilayah Bandung berpotensi terjadi hujan sedang.

Baca juga : Prakiraan Cuaca: Hujan dan Angin di Sejumlah Kawasan Indonesia

3. Bali & Nusa Tenggara

Secara umum prakiraan cuaca wilayah Kupang dan Mataram cerah berawan hingga berawan dan hujan ringan berpotensi terjadi di wilayah Denpasar.

4. Pulau Kalimantan

Secara umum awan tebal akan terjadi di wilayah Pontianak, hujan ringan mungkin terjadi di wilayah Tanjung Selor, Samarinda, dan Palangkaraya, serta hujan badai diperkirakan terjadi di wilayah Banjarmasin.

5. Sulawesi 

Hujan ringan diperkirakan terjadi di wilayah Mamuju dan hujan sedang di wilayah Manado, Gorontalo, dan Kendari. Waspada hujan Petir di wilayah Palu dan Makassar.

6. Wilayah Timur Indonesia

Prakiraan hujan ringan akan terjadi di wilayah Ternate dan Manokwari. Hujan sedang di wilayah Jayapura dan waspadai hujan petir di wilayah Ambon. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat