visitaaponce.com

6 Ramuan Herbal yang Bisa Turunkan Kadar Gula Darah

6 Ramuan Herbal yang Bisa Turunkan Kadar Gula Darah
Kayu manis.(Freepik)

DIABETES adalah penyakit saat kadar insulin dan gula darah dalam tubuh berubah. Selain perubahan gaya hidup dan pengobatan sesekali, terapi pelengkap seperti mengonsumsi ramuan juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Pada diabetes, tubuh tidak bisa memproduksi gula atau insulin secara efektif. Oleh karena itu, ada beberapa ramuan herbal yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar gula darah. Berikut rinciannya.

1. Ramuan kayu manis.

Pertama, Anda bisa mengonsumsi olahan kayu manis secara rutin. Kayu manis memberikan rasa manis alami dan sering digunakan sebagai bahan tambahan pemanis makanan dan minuman tanpa menggunakan gula.

Baca juga : Tanaman Herbal Bisa Bermanfaat Sebagai Obat Tambahan Diabetes

Selain menambah rasa manis, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kayu manis mampu menurunkan kadar gula darah. Ramuan alami ini juga dapat membantu mengurangi resistensi insulin pada penderita pradiabetes dan diabetes tipe 2.

2. Ramuan lidah buaya.

Lidah buaya dikenal kaya akan manfaat yang menguntungkan. Bahan ini juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk menurunkan kadar gula darah.

Penelitian menunjukkan bahwa olahan lidah buaya dapat menurunkan kadar gula darah sekaligus mengurangi lemak dalam tubuh. Selain itu, seduhan lidah buaya mengandung beberapa senyawa, sehingga meminum seduhan lidah buaya secara rutin dapat mengurangi pembengkakan dan mempercepat proses penyembuhan luka diabetes.

Baca juga : Konsumsi 6 Air Rebusan Ini Ampuh Turunkan Gula Darah

Namun, jika Anda sudah mengonsumsi obat diabetes yang diresepkan, ingatlah bahwa mengonsumsi sediaan lidah buaya dapat menyebabkan kadar gula darah Anda turun dengan cepat sehingga menyebabkan hipoglikemia.

3. Rebusan jahe.

Konsumsi jahe secara teratur dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan mengatur kadar insulin. Jahe bisa dikonsumsi dengan merebus air jahe dan meminumnya.

Untuk melakukannya, ambil sekitar 2 sentimeter jahe dan rebus dalam panci dengan segelas air. Rebus selama 5 menit, saring air rebusan bersama jahe dan minum 1-2 kali sehari.

Baca juga : Dosen IPB Racik Bawang Dayak sebagai Minuman Fungsional Antidiabetes

4. Ramuan ginseng.

Ginseng telah digunakan sebagai bagian dari pengobatan oriental selama berabad-abad. Ini memiliki efek penguatan kekebalan dan antidiabetes yang sangat baik.

Dapat menekan penyerapan karbohidrat dalam tubuh, gingseng juga dapat mempercepat produksi insulin oleh pankreas.

5. Ramuan kunyit.

Kunyit ialah salah satu rempah-rempah yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Efek antiinflamasi, antioksidan, antiaterosklerosis, kardioprotektif, dan penurunan berat badan dapat membantu penderita diabetes mengontrol kadar gula darah dan meminimalkan efek penyakit.

Baca juga : Jahe Dapat Menurunkan Risiko Diabetes

Kunyit memiliki khasiat yang luar biasa dan mengonsumsi kunyit dapat meningkatkan kesehatan dan fungsi organ tubuh.

6. Ramuan bawang putih.

Sifat antidiabetes dan hipolipidemik bawang putih juga membantu penderita diabetes menjaga kadar gula darah yang tepat. Senyawa belerang yang dikandungnya mencegah kerusakan oksidatif bahkan mencegah peningkatan kadar kolesterol.

Menurut penelitian pada 2014, bawang putih dapat membantu mengobati penyakit kardiovaskular yang berhubungan dengan diabetes. Konsumsi 2-3 siung bawang putih mentah setiap hari saat perut kosong. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat