visitaaponce.com

Musik Tanpa Lirik Bisa Jadi Terapi yang Efektif untuk Kesehatan Mental

Musik Tanpa Lirik Bisa Jadi Terapi yang Efektif untuk Kesehatan Mental
Ilustrasi - Ketika bersedih, musik bisa menjadi terapi yang efektif. Disarankan musik tanpa lirik dengan beat yang tenang.(Freepik)

MUSIK bukan hanya sekadar hiburan, tetapi juga memiliki kekuatan untuk mempengaruhi suasana hati dan kesehatan mental secara signifikan. Namun ketika seorang merasa sedih, menangis bisa menjadi terapi mandiri yang murah dan efektif.

"Pada saat dalam kondisi kesedihan yang cukup dalam, memang tidak dianjurkan untuk mendengarkan lagu. Kalaupun ingin mendengarkan lagu dengan beat yang tenang, sebaiknya jangan ada lirik, apalagi lirik yang sedih. Hal ini bisa membuat orang menjadi lebih depresif. Jadi, jika ingin mendengarkan lagu dengan beat yang tenang, pilihlah yang tanpa lirik," ujar Irma Gustiana Andriani, seorang psikolog dan pakar Self-Growth dalam konferensi pers Kampanye #MyKilauTime dari Sunsilk Black Shine, Rabu (12/6).

Air Mata sebagai Emotional Release

Menangis tidak selalu merupakan tanda kelemahan atau sesuatu yang negatif. Sebaliknya, menangis adalah cara tubuh untuk melepaskan emosi yang terpendam, yang pada akhirnya membawa rasa lega. 

Baca juga : Ed Sheeran Berusaha tidak Kelelahan Agar tidak Alami Masalah Kesehatan Mental

Penelitian menunjukkan menerima dan mengeluarkan emosi dapat meningkatkan detak jantung sementara, yang kemudian diikuti oleh perasaan damai. Air mata juga berfungsi untuk melepaskan ketegangan fisik yang menumpuk.

Namun, Irma mencatat menangis saat menonton film sedih mungkin membuat perasaan semakin terpuruk, berbeda dengan menangis sambil mendengarkan musik. Mendengarkan musik sambil menangis bisa memberikan efek rileksasi yang lebih baik, membantu mengeluarkan emosi negatif dengan lebih efektif, dan memperbaiki suasana hati.

Musik dan Kesehatan

Perasaan bahagia sangat berhubungan dengan kondisi kesehatan seseorang. Kebahagiaan dapat memicu produksi hormon yang menguatkan sistem kekebalan tubuh, membuat seseorang lebih sehat. 

Baca juga : Pilih Fokus pada Kesehatan Mental, Shawn Mendes Tunda Tur Dunia

Sebuah tinjauan dari 400 penelitian menunjukkan bahwa bermain dan mendengarkan musik bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi stres, dan meningkatkan ikatan sosial.

Cara Musik Meningkatkan Suasana Hati

1. Memberi Kenikmatan

Mendengarkan musik yang menyenangkan mengaktifkan area sistem penghargaan otak, sama seperti perasaan senang yang dihasilkan dari seks, makanan, atau aktivitas menyenangkan lainnya.

2. Sebagai Obat Detoks

Musik dapat membantu menyalurkan rasa frustrasi dan membersihkan emosi negatif seperti kemarahan dan kesedihan.

Baca juga : Lewat Adiksi, Sweet The Band Kritisi Swadiagnosa Kesehatan Mental

3. Mengubah Ritme Tubuh

Ritme internal tubuh, seperti detak jantung, bisa diselaraskan dengan alunan musik. Musik dengan ritme stabil yang lambat, seperti musik meditatif, terbukti mengurangi stres dengan mengubah ritme tubuh dan menghasilkan relaksasi yang lebih besar.

4. Sebagai Pengganti Sahabat Sementara

Musik yang menenangkan bisa digunakan sebagai pengganti sementara interaksi sosial, mengurangi perasaan kesepian, dan menyuarakan perasaan yang mungkin sulit diungkapkan.

Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Selain mendengarkan musik, menjaga kesehatan fisik juga penting. Konsumsi makanan bergizi dan suplemen vitamin dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian, mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dengan memahami cara kerja musik dan menangis dalam mengelola emosi, kita bisa lebih bijak dalam merawat kesehatan mental. Seperti yang disampaikan oleh Irma Gustiana Andriani, jangan ragu untuk menangis dan mendengarkan musik sebagai bagian dari terapi mandiri. Hal ini bisa membantu memperbaiki suasana hati dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat