visitaaponce.com

Wamenaker Apresiasi Persiapan Lulusan UMM untuk Bersaing di Dunia Kerja

Wamenaker Apresiasi Persiapan Lulusan UMM untuk Bersaing di Dunia Kerja
Lulusan kuliah bersiap di dunia usaha(Dok. Menaker)

WAKIL Menteri Ketenagakerjaan atau Wamenaker Afriansyah Noor, memberikan apresiasi kepada Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) atas upayanya dalam menyiapkan lulusannya untuk bersaing di dunia usaha dan industri. Hal ini disampaikan Afriansyah saat menjadi pembicara dalam sesi diskusi di Ruang Sidang Senat (RSS) UMM, Kamis (27/6).

Afriansyah memuji program Center of Excellence (CoE) yang telah diimplementasikan di UMM sejak 2017. Menurutnya, program ini sangat relevan dalam menyiapkan lulusan yang siap langsung terjun ke dunia usaha dan industri (DUDI).

"Program CoE sangat membantu dalam menyiapkan lulusan untuk siap bekerja di dunia usaha dan industri," ujar Afriansyah.

Baca juga : Pemerintah Sosialisasikan Pengembangan Sistem Informasi Pasar Kerja

Selain CoE Afriansyah juga terkesan dengan program Profesor Penggerak Pembangunan Masyarakat (P3M) yang dijalankan oleh UMM. Ia menyebut program ini sebagai aset penting bagi anak-anak muda dan lulusan yang akan bersaing di dunia kerja.

"Program Profesor Penggerak Pembangunan juga dapat mempersiapkan kita menyongsong Indonesia Emas 2045," tambahnya.

Afriansyah menekankan pentingnya menyediakan fasilitas dan program yang baik untuk mahasiswa, agar mereka tidak hanya siap bekerja di dalam negeri tetapi juga mampu menjadi tenaga ahli di luar negeri. "Saat ini, kita masih kekurangan tenaga ahli yang dapat ditawarkan bekerja ke luar negeri, kebanyakan hanya di bidang asisten rumah tangga," kata Afriansyah.

Ia berharap UMM dapat menjadi motor penggerak dan contoh bagi sistem pendidikan di Indonesia. "Saya optimistis Indonesia akan semakin maju. Sudah saatnya para pakar pendidikan ini yang memegang kebijakan," pungkas Afriansyah. #MIA (RO/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat