visitaaponce.com

Tiga Macam Haji dan Dukungan Fitur Asuransi

Tiga Macam Haji dan Dukungan Fitur Asuransi
Jemaah calon haji melakukan tawaf di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi.(Antara)

MENUNAIKAN ibadah haji merupakan impian setiap umat muslim. Dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia tak ayal ibadah haji memiliki antrean yang panjang. 

Ada tiga program yang mengatur pemberangkatan jemaah haji. Setiap program haji memiliki ketentuan dan biaya yang berbeda. Berikut rinciannya.

a. Haji reguler.

Haji reguler adalah program keberangkatan haji yang memiliki waktu tunggu paling panjang. Antrean haji reguler berkisar 30 tahun lebih tergantung provinsi di Indonesia. Biaya haji reguler pada 2024, menurut Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama ialah Rp56,04 juta dengan waktu ibadah selama 40 hari.

Baca juga : Rukun Haji, Kewajiban, dan Perbuatan yang Diharamkan

b. Haji Plus.

Haji plus adalah program keberangkatan haji yang memiliki waktu tunggu 5-9 tahun. Biaya haji plus tahun 2024, menurut Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah mencapai Rp128,6 juta dengan waktu ibadah selama 19-26 hari. Selain itu, fasilitas untuk jemaah haji plus lebih dekat dengan Masjidil Haram.

c. Haji Furoda.

Bagi yang memiliki rezeki lebih bisa mendaftar dengan haji furoda. Haji furoda merupakan haji nonkuota yang pelaksanaannya diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2018. Haji ini merupakan program haji yang mendapatkan kuota khusus dari pemerintah Arab Saudi. 

Keistimewaan haji furoda ialah berangkat di tahun yang sama saat mendaftar. Keistimewaan ini membuat haji furoda sering disebut sebagai haji tanpa antre atau haji nonkuota. Berdasarkan Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh), kisaran biaya untuk haji furoda sebesar Rp373,9 juta hingga Rp975,3 juta.

Baca juga : 100 Kursi Roda Tiba di Bandara Mekah untuk Haji Lansia

Agar lebih tenang, calon haji dapat menggunakan asuransi syariah yang memiliki fitur badal haji. Badal haji adalah haji yang dilakukan seseorang atas nama orang lain yang sudah wafat atau tidak mampu berangkat secara jasmani dan rohani. 

Keuntungan lain memiliki asuransi syariah yang memiliki fitur badal haji ialah pemegang polis bisa mewujudkan amanahnya kepada diri sendiri, orang lain, dan ibadahnya. Salah satu produk yang memiliki fitur badal haji yaitu Asuransi Perlindungan Amanah Syariah. 

"Produk ini mengajak masyarakat untuk mengelola risiko sejak tahap awal kehidupan," tutur Direktur AXA Mandiri, Uke Giri Utama. Asuransi ini dilengkapi dengan manfaat perlindungan dari 77 kondisi kritis, manfaat rawat inap (harian, ICU, dan pemulihan), hingga mewujudkan impian masa depan dengan menggunakan manfaat akhir masa asuransi sampai 115% dari dana kontribusi dasar yang telah dibayarkan jika tidak ada klaim selama masa asuransi. Manfaat akhir masa asuransi ini juga dapat membantu pemegang polis mewujudkan impiannya pergi haji tanpa mengorbankan amanah kepada keluarga. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat