visitaaponce.com

Ini Bacaan Doa Hujan agar Cepat Berhenti

Ini Bacaan Doa Hujan agar Cepat Berhenti
Warga berjalan menggunakan payung saat hujan lebat di kawasan Sarinah Thamrin, Jakarta(ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

AWAL bulan Juli 2024 ini banyak wilayah di Indonesia yang masih diguyur hujan lebat. Bahkan di beberapa daerah pun masih terjadi banjir hingga mangakibatkan dampaknya kepada masyarakat.

Walaupun sudah memasuki musim kemarau, namun hujan lebat bahkan disertai angin masih terjadi. Tentunya hal ini membuat banyak orang cemas dan khawatir akan dampaknya.

Selain itu dengan kondisi cuaca tersebut orang-orang pun menjadi enggan untuk keluar rumah atau beraktivitas di luar ruangan.

Baca juga : Prakiraan Cuaca: Jakarta Selatan Turun Hujan Kamis Siang 4 Juli 2024

Hujan adalah suatu berkah dan rezeki dari Allah SWT yang diturunkan melalui fenomena alam atau cuaca. Maka dari itu sebagai umat Muslim dengan datangnya hujan harus disyukuri.

Namun dalam ajaran Islam saat turunnya hujan kita harus membaca doa hujan. Doa ini bisa diamalkan untuk meminta agar hujan cepat berhenti atau saat turunnya hujan bahkan bila disertai angin kencang.

Terdapat beberapa doa untuk hujan yang baik kalian amalkan saat terjadinya hujan. Dengan membacanya maka suasana hati akan lebih tenang dan Allah SWT akan melindungi kalian. 

Baca juga : Sejumlah Kota Besar Hari Ini Diprediksi Diguyur Hujan

Berikut Bacaan Doa Hujan

1. Doa saat Turun Hujan

Doa ini kalian baca saat turunnya hujan. Berdoalah saat sudah mulai terlihat rintik agar hujan tersebut membawa keberkahan bagi yang mengalaminya.

Bacaan Arab

اللَّهُمَّ صَيِّباًنَافِعاً

Bacaan Latin

Baca juga : Prakiraan Cuaca di Indonesia Hari Ini

Allahumma shoyyiban nafi'an'

Artinya

Ya Allah, turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat.

Baca juga : Prakiraan Cuaca Jawa Tengah: Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

2. Doa Hujan Disertai Angin

Jika kalian sudah membaca doa saat turun hujan namun terjadi angin kencang, maka bacalah doa ini.

Doa ini dibaca saat terjadu angin kencang saat hujan, yang dimaksudkan agar Allah SWT tidak memberikan keburukan atau dampak setelahnya.

Bacaan Arab

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ، اَللَّهُمَّ اجْعَلْهَا رَحْمَةً وَلَا تَجْعَلْهَا عَذَابًا، اَللَّهُمَّ اجْعَلْهَا رِيَاحًا وَلَا تَجْعَلْهَا ضَرُوْرَةً.

Bacaan Latin

Allâhumma innî as'aluka khairahâ wa khairamâ fîhâ wa khairamâ ursilat bih, wa a'ûdzubika min syarrihâ wa syarrimâ fîhâ wa syarrimâ ursilat bih. Allâhummaj'alhâ rahmatan wa lâ taj'alhâ 'adzâban. Allâhummaj'alhâ riyâhan wa lâ taj'alhâ dharûratan.

Artinya

Wahai Tuhanku, aku minta kepada-Mu kebaikan ini angin, kebaikan barang yang ada di dalamnya, dan kebaikan barang yang diutus melaluinya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan ini angin, kejahatan barang yang ada di dalamnya, dan kejahatan barang yang diutus melaluinya. Wahai Tuhanku, jadikan ini sebagai angin rahmat dan jangan jadikan ini sebagai angin siksa. Wahai Tuhanku, jadikan ini sebagai angin manfaat dan jangan jadikan ini sebagai angin bahaya. (HR Muslim).

3. Doa Hujan Disertai Petir

Lalu bila saat hujan terjadi petir kalian bisa membaca doa ini. Doa tersebut bisa menenangkan hati kita yang sedang gelisah karena terjadi cuaca buruk.

Dengan membaca doa tersebut maka Allah SWT akan melindungi kita dari cuaca buruk yang sedang terjadi.

Bacaan Arab

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ 

Bacaan Latin

ubhanalladzi yusabbihur ro’du bi hamdihi wal mala-ikatu min khiifatih.

Artinya

Maha Suci Allah yang petir dan para malaikat bertasbih dengan memuji-Nya karena rasa takut kepada-Nya.

4. Doa Hujan agar Berhenti

Bila hujan yang ada di wilayah kalian tak kunjung berhenti maka bacalah doa ini. Doa ini meminta kepada Allah SWT untuk bisa diberhentikan atau diredakan hujannya.

Hujan yang turun adalah rezeki dari Allah SWT, namun terkadang manusia pun akan beraktivitas tetapi terhambat oleh hujan.

Bacaan Arab

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا اللَّهُمْ عَلَى الأَكَامِ وَالطِرَابِ وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Bacaan Latin

Allaahumma hawaalainaa wa laa 'alainaa. Allaahumma 'alal aakaami wazh-zhiraabi, wa buthuunil audiyati wa manaabitisy syajar.

Artinya

Ya Allah, hujanilah di sekitar kami, jangan kepada kami. Ya Allah, berilah hujan ke daratan tinggi, beberapa anak bukit dasar lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.

5. Doa Meminta Hujan

Jika di wilayah kalian tak kunjung turun hujan maka bacalah doa ini. Banyak daerah di Indonesia yang tidak turun hujan walaupun sudah memasuki musimnya.

Hal tersebut berakibat besar kepada masyarakat setempat, dari mulai kekeringan untuk kebutuhan mandi dan makan hingga sawah pun kering dan tidak panen.

Bacaan Arab

اللهمَّ اسْقِ عِبَادَكَ وَبَهَائِمَكَ وَانْشُرْ رَحْمَتَكَ وَأَحْيِ بَلَدَكَ الْمَيِّتَ

Bacaan Latin

Allahummasqi ‘ibaadaka wa bahaa-imika wansyur rohmataka wa ahyi baladakal mayyit.

Artinya

Ya Allah, berilah hujan kepada hamba-hambaMu, hewan ternak, berilah rahmatMu dengan merata, dan suburkan bumiMu yang tandus.

6. Doa setelah Hujan

Setelah berkah dan rezeki yang ditunkan dari Allah SWT usai dan reda, kalian bacalah doa ini. Doa ini adalah suatu bentu rasa syukur kita terhadap nikmat Allah SWT.

Bacaan Arab

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ

Bacaan Latin

Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatihi

Artinya

Kita mendapat hujan hanya karena karunia dan rahmat Allah.

Dari bacaan-bacaan doa hujan di atas baiknya diamalkan saat terjadi hujan agar amalan sunnah kalian lebih sempurna. (Z-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat