visitaaponce.com

Prakiraan Cuaca di Indonesia Hari Ini

Prakiraan Cuaca di Indonesia Hari Ini
Warga menggunakan payung saat hujan di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (10/10/2022).(ANTARA/ABRIAWAN ABHE)

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa sirkulasi siklonik terpantau dari Selat Makasar Barat dari Sulawesi Barat, sirkulasi tersebut membentuk daerah perlambatan angin atau konvergensi di wilayah Sulawesi Selatan dan Selat Makasar bagian utara serta daerah pertemuan angin atau konfluensi di Laut flores bagian barat.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah sirkulasi siklonik atau daerah konvergensi juga konfluensi tersebut. 

Untuk prediksi angin permukaan di wilayah Indonesia umumnya didominasi dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 50 km/jam. Peningkatan kecepatan angin yang melebihi 25 knot terpantau di Laut arah Fulu, di Laut Banda, dan Samudera Hindia barat daya Banten hinggabarat daya lampung yang mampu meningkatkan tinggi gelombang di wilayah sekitar perairan tersebut.

Baca juga : Prakiraan Cuaca 28 Mei, Terjadi Konvergensi Panjang di Beberapa Wilayah Indonesia

Suhu udara berkisar antara 18-35 derajat celcius dengan kelembapan berada pada 55% hingga 100%. 

Perkiraan tinggi gelombang laut di wilayah Indonesia secara umum berkisar anatara 0,5 hingga 2,5 meter. Waspadai tinggi gelombang berkisar antara 2,5 hingga 4 meter di Samudera Hindia selatan Banten. Potensi Banjir Rob berada si pesisir DKI Jakarta.

Perikiraan cuaca di Indonesia pada Selasa, 2 Juli 2024:

  1. Pulau Sumatera : Banda Aceh berawan, Medan, Pekanbaru, tanjung Pinang, Padang dan Pangkal Pinang hujan ringan, Jambi dan Palembang hujan petir, Bandar Lampung kabut, Bengkulu hujan sedang.
  2. Pulau Jawa : Serang, Bnadung, Yogyakarta hujan ringan, Jakarta berawan tebal, Semarang berawa, Surabaya cerah berawan.
  3. Bali dan Nusa Tenggara : Denpasar dan Mataram hujan ringan, Kupang berawan.
  4. Pulau Kalimantan : Tanjung Selor dan Banjarmasin hujan petir, Samarinda dan palanglaraya hujan ringan, Pontianak berawan.
  5. Pulau Sulawesi : Gorontalo, Mamuju dan Makasar hujan ringan, Manado hujan lebat, Palu hujan petir dan Kendari hujan sedang.
  6. Indonesia bagian timur : Ambon, Manokwari, Jayapura hujan ringan dan Ternate hujan disertai petir.

Info yang diberikan BMKG merupakan gambaran umum disetiap wilayah di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut masyarakat bisa mengakses informasi terbaru di wilayah masing-masing. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat