visitaaponce.com

Dua Jenis Kucing yang Cocok untuk Penderita Alergi

Dua Jenis Kucing yang Cocok untuk Penderita Alergi
Ilustrasi.(Freepik)

ANDA pengidap alergi padahal mau memelihara kucing? Ini rekomendasi beberapa jenis kucing untuk dijadikan anabul (anak bulu) alias hewan peliharaan tersayang bagi calon pemilik yang mengidap alergi.

Dokter hewan jebolan Universitas Gadjah Mada, Radhiyan Fadiar Sahistya, menyebut peran dokter hewan yang jarang diketahui masyarakat umum. Peran itu ialah dapat merekomendasikan jenis hewan peliharaan yang kompatibel dengan kondisi dan riwayat kesehatan calon-calon pemiliknya.

"Sebenarnya setiap orang bisa datang ke dokter hewan untuk berkonsultasi jika hendak memilih jenis hewan peliharaan yang sesuai dengan kondisi riwayat kesehatan," kata dia di Jakarta, Jumat (5/7).

Baca juga : Ini 5 Hal yang tidak Boleh Dilupakan saat Anda Memiliki Anabul

Radhiyan menyebut, bagi seseorang yang alergi terhadap bulu, dapat mengadopsi kucing hairless alias tidak berbulu seperti jenis Sphynx. Kucing Sphynx merupakan salah satu ras kucing yang sangat unik karena tidak memiliki bulu. 

Kondisi inilah yang juga membuat mereka hipoalergenik (tidak rentan menyebabkan reaksi alergi atau iritasi). Tanpa bulu, protein dalam air liurnya tidak memiliki sesuatu untuk ditempelkan saat mereka membersihkan diri. 

Kurangnya bulu membuat mereka harus dimandikan secara teratur untuk mencegah potensi penumpukan atau masalah kulit. Namun, Radhiyan menyadari bahwa tidak semua orang menyukai kucing eksotis tanpa bulu satu ini. 

Baca juga : Hewania Vet Clinic di Aerium Tangkap Peluang Bisnis Perawatan Anabul

Pilihan lain yaitu kucing berambut pendek (short hair), seperti Devon Rex dan Cornish Rex. Devon Rex memiliki bulu yang pendek, terutama di dekat kepala, telinga, leher, kaki, dada, dan perut. 

Jenis kucing ini dapat ditemui dengan berbagai warna. Mereka juga dapat memiliki pola bulu tortoiseshell, calico, hingga tabby. Kucing Devon Rex dikenal cerdas, ramah terhadap anak-anak, dan senang berada di sekitar orang-orang maupun hewan peliharaan lain. 

Kucing Cornish Rex cenderung memiliki lapisan rambutnya yang ikal, tetapi lembut ketika disentuh. Lapisan ini tidak memiliki helai yang panjang, tetapi tetap terlihat bergelombang dan beriak. 

Jenis kucing Cornish memiliki aroma tersendiri yang sering dideskripsikan seperti keju. "Cornish Rex termasuk kategori kucing hipoalergenik. Artinya, risiko atau tingkat penyebab alerginya sangat rendah," kata Radhiyan. (Ant/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat