visitaaponce.com

Menumpang SpaceX, Empat Astronaut Bertolak ke ISS

Menumpang SpaceX, Empat Astronaut Bertolak ke ISS
Pesawat SpaceX bertolak dari Kennedy Space Center menuju ISS.(AFP/Joel KOWSKY / NASA)

EMPAT astronaut sukses bertolak menggunakan pesawat Resilience milik SpaceX ke Stasiun Angkasa Luar Internasional (ISS), Minggu (15/11). Ini merupakan penerbangan pertama dari serangkaian penerbangan yang diharapkan akan dilakukan rutin oleh Amerika Serikat (AS).

Tiga astronaut AS, Michael Hopkins, Victor Glover, dan Shannon Walker, serta astronaut Jepang Soichi Noguchi lepas landas pada pukul 19.27 waktu setempat dari Kennedy Space Center di Florida.

Penerbangan ini menandai berakhirnya ketergantungan internasional pada roket Soyuz milik Rusia.

Baca juga: Vaksin Covid Johnson & Johnson Masuk Uji Klinis Ketiga di Inggris

Presiden terpilih AS Joe Biden memuji penerbangan itu dan lewat Twitter mengatakan, "Penerbangan itu merupakan bukti kekuatan ilmu pengetahuan dana apa yang bisa diraih dengan memanfaatkan inovasi, kecerdasan, dan determinasi.

Adapun Presiden AS Donald Trump menyebut penerbangan itu, "Hebat."

Wakil Presiden AS Mike Pence, yang menghadiri penerbangan itu bersama istrinya, Karen, menyebut penerbangan itu sebagai 'Era baru dalam eksplorasi manusia di angkasa luar.'

Para astronaut dijadwalkan berlabuh di ISS pada Senin (16/11) pukul 23.00 waktu setempat atau pada Selasa pukul 11.00 WIB.

Mereka akan bergabung dengan dua kosmonaut Rusia dan seorang astronaut AS. Mereka akan berada di ISS selama enam bulan. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat