visitaaponce.com

4 Astronaut NASA akan Kelilingi Bulan Tahun Depan

4 Astronaut NASA akan Kelilingi Bulan Tahun Depan
Kiri-kanan: Jeremy Hansen, Victor Glover, Reid Wiseman and Christina Hammock Koch. Mereka akan mengelilingi Bulan pada November 2024.(AFP/MARK FELIX)

NASA pada Senin (3/4) mengumumkan 4 nama astronaut yang akan diterbangkan ke arah Bulan untuk mengililingi satelit Bumi itu pada November tahun depan. Itu menjadi pertama kalinya bagi NASA menerbangkan roket ke Bulan setelah misi mengirimkan manusia ke Bulan lebih dari 50 tahun lalu.

Dilansir dari AFP, 4 antariksawan itu adalah Christina Koch, Victor Glover, Reid Wiseman, dan Jeremy Hansen. Glover menjadi astronaut kulit hitam pertama yang berkesempatan terbang ke Bulan dan Koch menjadi wanita pertama yang bertugas di misi itu. Selain Hansen yang merupakan warga negara Kanada, lainnya berasal dari Amerika Serikat.

Baca juga: NASA segera Umumkan Kru Penerbangan yang akan Mengelilingi Bulan

Dari mereka berempat, hanya Hansen yang belum pernah ke luar angkasa. Sedangkan tiga lainnya pernah menginjakkan kaki di International Space Station (ISS). Namun, semuanya belum pernah mendapat penugasan ke Bulan.

Artemis II akan menjadi kendaraan menuju bulan dan disebutkan Bill Nelson, Administrator NASA, itu adalah roket terbesar dan terkuat di dunia. Roket itu akan bepergian selama 10 hari. Sebelumnya telah ada Artemis I yang pergi ke Bulan pada Desember tahun lalu namun tanpa awak. Dia menjalani misi 25 hari untuk mengelilingi Bulan.

Baca juga: NASA Ajak Swasta Selamatkan Teleskop Hubble

Sementara Koch mengatakan Artemis II tidak hanya ditugasi untuk terbang ke Bulan lalu kembali ke Bumi. "Ini adalah langkah selanjutnya untuk membawa manusia ke Mars," kata Koch yang mengaku sangat gembira bakal ke Bulan. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat