visitaaponce.com

AS akan Luncurkan Misi ke Bulan pada Hari Valentine

AS akan Luncurkan Misi ke Bulan pada Hari Valentine
Ilusdtrasi: Salah satu peluncuran Roket SpaceX pada November lalu(TIMOTHY A. CLARY / AFP)

Sejumlah perusahaan penerbangan swasta Amerika Serikat akan meluncurkan misi ke Bulan pada 14 Februari. Misi ini dilakukan kurang dari sebulan sejak misi serupa berakhir dengan kegagalan dan pesawat luar angkasa terbakar di atmosfer bumi, kata NASA pada Rabu.

Upaya kali ini akan  dilakukan oleh Intuitive Machines yang berbasis di Houston yang dipasang di bagian atas roket SpaceX, sedangkan percobaan terakhir melibatkan roket United Launch Alliance dan pendarat Astrobotics.

Msi ini cukup menantang. Jika berhasil, ini merupakan pendaratan pertama Amerika di permukaan bulan sejak akhir era Apollo lima dekade lalu, dan yang pertama oleh industri swasta.

Baca juga : Ratusan Ribu Warga Florida Siap Saksikan Peluncurkan Roket NASA ke Bulan

SpaceX menargetkan peluncuran pada pukul 12:57 pagi (0557 GMT) dari Kennedy Space Center di Florida, dengan pendarat Nova-C milik Intuitive Machines diperkirakan akan mendarat di Bulan pada 22 Februari, di kawah tumbukan dekat kutub selatan bulan.

NASA membayar Intuitive Machines lebih dari US$100 juta untuk mengirimkan perangkat keras ilmiahnya dalam misi tersebut, sebagai bagian dari strategi yang lebih luas untuk merangsang ekonomi dari kegiatan antariksa dan mendelegasikan misi kargo rutin ke sektor swasta.

Muatan pendarat "Nova-C" mencakup instrumen untuk lebih memahami lingkungan bulan saat NASA bersiap mengirim manusia kembali ke benda angkasa di bawah program Artemis pada akhir dekade ini. Ini juga mencakup kargo yang lebih berwarna, termasuk patung karya seniman Jeff Koons.

Baca juga : Sampah Roket SpaceX Diprediksi Bakal Menbrak Bulan dan Meledak

Sejauh ini, hanya lima negara yang berhasil melakukan pendaratan lunak di bulan. Uni Soviet berada di urutan pertama, disusul Amerika Serikat, yang masih menjadi satu-satunya negara yang berhasil mengirim manusia ke Bulan. Tiongkok mencapai prestasi tersebut tiga kali dalam dekade terakhir, diikuti oleh India, dan yang terbaru Jepang. (AFP/M-3)

 

Baca juga : AS Bersiap untuk Meluncurkan Misi Bulan Baru pada Hari Valentine

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat