visitaaponce.com

Uji Coba Boeing Starliner Disetop Dramatis Empat Menit Sebelum Peluncuran

Uji Coba Boeing Starliner Disetop Dramatis Empat Menit Sebelum Peluncuran
Uji Coba Boeing Starliner Dsetop Dramatis Empat Menit Sebelum Peluncuran.(akun X NASA Commercial Crew)

UJI coba peluncuran kapsul angkasa luar Boeing Starliner pada Sabtu (1/6) di Amerika Serikat (AS) dibatalkan secara dramatis ketika hitung mundur berhenti beberapa menit sebelum lepas landas. Salah satu dari tiga komputer yang mengatur hitungan mundur dari dasar landasan peluncuran mengalami masalah saat para astronaut sudah berada di kapsul dan bersiap mengangkasa.

Ground Launch Sequencer (GLS) atau komputer yang meluncurkan roket sudah melakukan aktivitas kunci pada 10 menit terakhir seperti mulai memberi tekanan pada tangki bahan bakar, mengubah suplai energi listrik peralatan elektronik dari stasiun ke baterai dan menyetel sistem lain buat peluncuran.

Ketika hitungan mundur dilanjutkan empat mASenit sebelum peluncuran, salah satu dari tiga GLS membutuhkan waktu lebih lama dari yang diperkirakan untuk melakukan sinkronisasi dengan dua unit lainnya. Itu cukup untuk memicu hitung mundur berhenti pada 3 menit dan 50 detik. 

Baca juga : Ratusan Ribu Warga Florida Siap Saksikan Peluncurkan Roket NASA ke Bulan

Para insinyur awalnya diberitahu untuk bersiap melakukan percobaan peluncuran kembali pada Minggu (2/6) pukul 12:03 waktu setempat dengan asumsi masalah dapat diselesaikan tepat waktu. Namun NASA kemudian mengumumkan bahwa tim tersebut batal melakukan peluncuran untuk memberikan tim lebih banyak waktu untuk menilai masalah. 

"Anda tahu ketika Anda sedang bermain dan mendapat panggilan buruk, Anda sedikit kesal pada awalnya, atau sedikit frustrasi. Tapi Anda segera fokus pada lemparan berikutnya dan itulah yang dilakukan tim kami,” kata Mark Nappi, manajer proyek Starliner Boeing.

Pesawat luar angkasa Starliner rencananya diluncurkan menggunakan roket Atlas V yang dioperasikan oleh ULA dari Pangkalan Angkatan Antariksa Tanjung Canaveral di Florida.

Baca juga : NASA Konfirmasi Serpihan Stasiun Luar Angkasa Jatuh ke Rumah Pria di Florida

Uji terbang tersebut membawa astronaut NASA Butch Wilmore dan Suni Williams ke ISS. Duo astronaut ini akan menjadi orang pertama yang berangkat dengan pesawat luar angkasa Boeing Starliner ke stasiun luar angkasa sebagai bagian dari Program Kru Komersial NASA.

NASA menyebut para astronaut itu akan menghabiskan waktu sekitar sepekan di laboratorium yang mengorbit sebelum kembali ke bumi.

Pesawat luar angkasa tersebut sebelumnya dijadwalkan diluncurkan pada 6 Mei, namun upaya peluncuran dibatalkan karena masalah teknis. (cbsnews/P-5)
 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat