visitaaponce.com

Aturan Debat Capres AS Mikrofon Dimatikan dan tidak ada Penonton Langsung

Aturan Debat Capres AS: Mikrofon Dimatikan dan tidak ada Penonton Langsung
Joe Biden (kiri) dan Donald Trump (Kanan).(Jim WATSON and SAUL LOEB/AFP)

DEBAT calon presiden Amerika Serikat (AS) antara Joe Biden dan mantan Donald Trump akan digelar di Kantor CNN, Atlanta pukul 08.00 WIB. Ini pertama kalinya seorang presiden dan mantan presiden berdebat dalam konstestasi pemilu. 

Dengan waktu kurang dari lima bulan menjelang pemilu AS, kedua kandidat menyampaikan aspirasi mereka kepada para pemilih mengenai isu-isu utama seperti imigrasi dan ekonomi. 

CNN telah mengumumkan bahwa tim kampanye para kandidat menyetujui beberapa aturan-aturan baru dalam debat capres AS. 

Baca juga : Biden dan Trump Tiba di Atlanta Jelang Debat Capres AS

Berikut beberapa aturan dalam debat capres AS

-Dilansir CNN, debat akan berlangsung selama 90 menit. Debat juga tidak dihadiri penonton langsung di studio.

-Mikrofon akan dimatikan kecuali untuk kandidat yang sedang berbicara. Tidak diperbolehkan membawa alat peraga atau catatan yang sudah ditulis sebelumnya.

Baca juga : Trump Nyaris Sapu Bersih Kemenangan di 'Super Tuesday'

-Posisi podium mereka ditentukan dengan lemparan koin. Koin tersebut jatuh pada pilihan tim kampanye Biden,  yang berarti tim kampanyenya dapat memilih apakah akan memilih posisi podium presiden atau urutan pernyataan penutup. Tim kampanye Biden, calon dari Partai Demokrat memilih posisi di sisi kanan layar pemirsa televisi dan saingannya dari Partai Republik akan berada di sisi kiri pemirsa.

-Tim kampanye Trump kemudian memilih mantan presiden tersebut untuk menyampaikan pernyataan penutup terakhir, yang berarti Biden akan menjadi yang pertama pada akhir debat.

Mereka jadi kandidat tertua yang pernah mencalonkan diri sebagai presiden AS. Bide saat ini, berusia 81 tahun. Sementara pesaingnya, Trump berusia 78 tahun.

Jajak pendapat menunjukkan bahwa para pemilih jauh lebih mengkhawatirkan usia Biden dibandingkan lawannya. Namun jika Trump menang, dia akan memecahkan rekor Biden sebagai presiden tertua sebelum masa jabatannya berakhir.

Jajak pendapat New York Times/Siena College pada bulan Maret menunjukkan bahwa 73% pemilih terdaftar percaya bahwa Biden terlalu tua untuk menjadi presiden yang efektif. (CNN/BBC/P-5)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat