visitaaponce.com

Astronaut Pertama Asal Arab Saudi Tiba di ISS

Astronaut Pertama Asal Arab Saudi Tiba di ISS
Empat astronaut yang baru tiba di ISS disambut oleh rekan-rekan mereka.(AFP/NASA TV)

KAPSUL SpaceX, yang membawa dua astronaut asal Arab Saudi, berlabuh di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), Senin (22/5), sebagai bagian dari misi swasta yang dibiayai oleh Axiom Space.

Rayyanah Barnawi, ilmuwan yang mencetak sejarah sebagai perempuan pertama Arab Saudi yang melakukan perjalanan ke luar angkasa, dan Ali Al Qarni, pioit pesawat tempur, menjadi dua orang pertama asal 'Negeri Petrodolar' itu yang tiba di ISS.

"Salam dari luar angkasa. Saya berada di sini bukan hanya mewakili diri saya namun juga mewakili harapan dan impian semua orang di Arab Saudi, semua orang di kawasan," ujar Barnawi.

Baca juga: Inilah Sosok Christina Koch, Perempuan Pertama yang Akan Menapaki Bulan

"Kami sangat senang bisa berada di sini," timpal komandan misi Peggy Whitson, mantan astronaut NASA yang telah melakukan perjalanan ke luar angkasa sebanyak tiga kali.

"Perjalanan tadi luar biasa. Kami sangat senang dan tidak sabar melakukan banyak pekerjaan di sini," lanjutnya.

Kru keempat yang tiba di ISS adalah pengusaha Amerika Serikat (AS) John Shoffner.

Baca juga: 4 Astronaut NASA akan Kelilingi Bulan Tahun Depan

Setelah proses berlabuh selama dua jam, keempat orang itu memasuki ISS bertemu dengan tujuh astronaut yang telah lebih dulu berada di sana, tiga warga Rusia, tiga warga AS, dan seorang warga Uni Emirat Arab.

Roket SpaceX meluncur dari Florida pada Minggu (21/5) dan perjalanan ke ISS, yang terletak 400 kilometer di atas Bumi, memakan waktu selama 16 jam. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat