visitaaponce.com

Misi Shenzhou-18 Sukses Berlabuh di Stasiun Luar Angkasa Tiangong

Misi Shenzhou-18 Sukses Berlabuh di Stasiun Luar Angkasa Tiangong
Tiga astronaut Tiongkok yang tergabung dalam misi Shenzhou-18, dari ki-ka: Li Guangsu, Ye Guangfu, dan Li Cong(AFP/GREG BAKER)

PESAWAT luar angkasa yang membawa tiga astronaut Tiongkok, misi Shenzhou-18, Jumat (26/4), berlabuh di Stasiun Luar Angkasa Tiangong.

Keberhasilan ini merupakan langkah terbaru dalam program luar angkasa Tiongkok yang menargetkan mengirimkan astronaut ke Bulan pada 2030.

Misi Shenzhou-18 lepas landas menggunakan roket Long March-2F dari Pusat Peluncuran Satelit Jiunquan pada Kamis (25/4) pukul 20.59 waktu setempat.

Baca juga : Tiga Astronaut Tiongkok Mendarat di Bumi

Pada Jumat (26/4) dini hari, pesawat luar angkasa Tiongkok itu sukses berlabuh di stasiun luar angkasa, menurut kantor berita Tiongkok Xinhua, mengutip Badan Luar Angkasa Tiongkok.

Misi Shenzhou-18 dipimpin oleh Ye Guanfu, pilot pesawat tempur dan astronaut, yang sebelumnya bertugas di misi Shenzhou-13 pada 2021.

Dia didampingi oleh astronaut Li Cong dan Li Guangsu, yang melakukan perjalanan ke luar angkasa untuk kali pertama.

Baca juga : Tiongkok Kirim Warga Sipil Pertama ke Istana Surgawi

Ketiga astronaut itu dijadwalkan tinggal di stasiun luar angkasa Tiangong selama 6 bulan.

Di sana, mereka akan melakukan eksperimen fisika dasar dalam kondisi mikrogravitasi, ilmu materi luar angkasa, ilmi kehidupan luar angkasa, obat-obatan, dan teknologi. 

Para astronaut juga akan berusaha membuat akuarium di Stasiun Luar Angkasa Tiangong dan memelihara ikan dalan kondisi gravitasi nol.

Mereka juga akan melakukan penelitian menggunakan lalat buah dan tikus. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat