visitaaponce.com

Tiongkok Donasikan 10 Juta Vaksin ke WHO

Tiongkok Donasikan 10 Juta Vaksin ke WHO
Ilustrasi(AFP)

TIONGKOK berencana untuk memberikan 10 juta dosis vaksin covid-19 ke program distribusi vaksin internasional yang didukung WHO, Covax.

Hal itu disampaikan Beijing pada Rabu ketika berusaha mengubah persepsi tentang perannya dalam pandemi.

Program Covax bertujuan untuk menyediakan dua miliar dosis vaksin, mengumpulkan dana dari negara-negara kaya dengan tujuan memastikan negara-negara yang lebih miskin dapat memvaksinasi petugas kesehatan mereka dan warga yang paling rentan.

Hal itu dilakukan atas dasar bahwa pandemi akan tetap menjadi ancaman global jika itu tidak ditangani di seluruh dunia.

 

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Wang Wenbin, pada Rabu (3/2) mengatakan bahwa Tiongkok memutuskan untuk memberikan 10 juta dosis vaksin kepada Covax, terutama untuk memenuhi kebutuhan mendesak negara-negara berkembang.

 

Bulan lalu, kementerian luar negeri mengatakan bahwa tiga pembuat vaksin Tiongkok, Sinopharm, Sinovac dan CanSino, telah secara resmi mengajukan permohonan untuk dimasukkan dalam persediaan Covax.

 

Namun, Wang tidak mengatakan apakah permohonan tersebut telah disetujui.

 

Covid-19 pertama kali muncul di kota Wuhan, Tiongkok, dan negara itu telah menghadapi kritik atas penanganan awal wabah tersebut.

Beijing telah menandatangani perjanjian untuk memasok jutaan dosis yang disebut oleh para analis sebagai 'diplomasi vaksin' untuk mendapatkan niat baik di antara negara-negara miskin.

 

Sementara itu, negara tersebut telah meningkatkan kampanye vaksin di dalam negeri menjelang Tahun Baru Imlek. (AFP/OL-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat