visitaaponce.com

AS, Jepang, Korea Selatan Setuju Terus Tekan Korut Soal Nuklir

AS, Jepang, Korea Selatan Setuju Terus Tekan Korut Soal Nuklir
Rudal milik Korea Utara(KCNA VIA KNS / KCNA VIA KNS / AFP)

AMERIKA Serikat, Jepang, dan Korea Selatan sepakat untuk bekerja sama menekan Korea Utara agar menghentikan program rudal nuklir dan balistiknya.

Penasihat Keamanan Nasional Presiden AS Joe Biden, Jake Sullivan, mengadakan pertemuan langsung yang jarang terjadi bersama rekan-rekannya dari Korea Selatan dan Jepang Suh Hoon dan Shigeru Kitamura, di Akademi Angkatan Laut AS di Annapolis, Maryland.

Dalam sebuah pernyataan bersama, mereka menyampaikan kekhawatiran tentang program rudal nuklir dan balistik Korea Utara. Mereka pun menegaskan kembali komitmen untuk mengatasi masalah tersebut melalui kerja sama trilateral yang terpadu menuju denuklirisasi.

Ketiga negara sepakat tentang pentingnya implementasi penuh resolusi dewan keamanan PBB yang relevan oleh komunitas internasional, termasuk Korea Utara, mencegah proliferasi dan kerja sama untuk memperkuat pencegahan dan memelihara perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea.

Selain itu, pertemuan tersebut juga membahas upaya melawan covid-19, perubahan iklim, dan cara untuk memulihkan demokrasi di Myanmar.

Baca juga: Biden Kecam Peluncuran Rudal Balistik Korut

Pertemuan itu dilakukan sebagai tinjauan oleh pemerintahan Biden tentang bagaimana menangani Korea Utara berada di tahap akhir, menyusul diplomasi pribadi Donald Trump yang tidak biasa dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Sebelumnya, mantan presiden itu mengadakan tiga pertemuan dengan Kim, dalam pembukaan diplomatik yang meredakan ketegangan tetapi tidak mengarah pada kesepakatan permanen.

Biden pun mengkritik tajam pertemuan Trump tersebut, dengan mengatakan dia melegitimasi salah satu pemimpin paling kejam di dunia, tetapi juga mengatakan terbuka untuk berdiplomasi.

Biden juga memperingatkan Korea Utara tentang konsekuensi pelanggaran resolusi dewan keamanan PBB, setelah Pyongyang baru-baru ini menguji rudal balistiknya.(The Guardian/Malay Mail/OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat