visitaaponce.com

Mayoritas Warga Palestina di Yerusalem Timur Dapat Ikut Pemilu

Mayoritas Warga Palestina di Yerusalem Timur Dapat Ikut Pemilu
Pegawai Komisi Pemilihan Pusat Palestina menampilkan daftar pemilihan menjelang pemilihan umum yang akan datang.(AFP/azem Bader.)

MAYORITAS penduduk Palestina di Yerusalem timur yang dicaplok Israel dapat memberikan suara dalam pemilihan legislatif Palestina pertama dalam 15 tahun yang ditetapkan untuk bulan depan, komisi pemilihan mengumumkan Senin.

Namun, beberapa ribu orang mungkin masih dikecualikan di tengah kekhawatiran yang sedang berlangsung bahwa pemungutan suara mungkin tidak akan dilakukan sama sekali.

Warga Palestina di Tepi Barat, Jalur Gaza, dan Yerusalem timur akan memberikan suara dalam pemilihan legislatif pada 22 Mei, menjelang pemilihan presiden yang direncanakan pada Juli.

Komisi Pemilihan Pusat Palestina mengatakan 150.000 pemilih di Yerusalem timur akan dapat memberikan suara di tempat pemungutan suara di pinggiran kota suci dalam proses yang tidak memerlukan lampu hijau dari Israel.

Baca juga: Pertemuan Terbesar di Masjid Al-Aqsa sejak Pandemi
 

Secara terpisah, total simbolis 6.300 pemilih diizinkan untuk memberikan suara mereka di Yerusalem timur di kantor pos di bawah pengawasan Israel. Ini menurut protokol yang ditandatangani Israel dan Palestina sebagai bagian dari perjanjian perdamaian Oslo.

Warga Palestina mengatakan sangat penting untuk mengizinkan pemungutan suara bahkan terbatas di dalam batas-batas Yerusalem timur yang mereka harap akan menjadi ibu kota negara masa depan mereka.

Israel memberikan persetujuan untuk pemberian suara di kantor pos pada pemilihan legislatif 2006. Mereka belum mengisyaratkan bahwa mereka akan melakukannya kali ini, menurut juru bicara komisi pemilihan Fareed Taamallah.

"Mereka tidak menanggapi permintaan dari Otoritas Palestina untuk menerapkan protokol tersebut," katanya. Seorang juru bicara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tidak mengomentari permintaan agar semua warga Palestina diizinkan untuk memilih jalan dengan protokol yang ditetapkan itu.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas, 86, mengatakan pemilihan tidak akan dapat dilanjutkan jika warga Palestina di Yerusalem timur tidak dapat memberikan suara.

Pengacara Diana Buttu, mantan penasihat hukum negosiator Palestina, mengatakan pada Senin (19/4) bahwa pemungutan suara di Yerusalem timur masih bisa menjadi batu sandungan bagi pemilihan, tidak hanya karena potensi pembatasan suara. "Ada banyak hal teknis yang dapat anda lakukan untuk mengatasi rintangan ini, tapi bukan itu intinya," katanya.

Intinya, para kandidat berharap untuk dapat pergi ke Yerusalem, berkampanye di Yerusalem, memberikan suara di Yerusalem. Tanpa jaminan itu, saya dapat melihat itu menjadi alasan bagi mereka untuk membatalkan (pemilihan)," katanya.

Sekitar 60 kandidat dalam pemilihan Palestina berasal dari Yerusalem timur. Israel pada umumnya melarang aktivitas politik Palestina di Yerusalem. Selama akhir pekan, Israel menangkap tiga kandidat yang berencana bertemu di kota itu. Israel mencaplok Yerusalem timur pada tahun 1967 dan memandang seluruh kota sebagai ibukotanya.

Para pemilih Palestina mengatakan mereka berharap pemilu dapat membawa rekonsiliasi internal antara dua faksi politik utama mereka yaitu Fatah yang mengontrol Tepi Barat dan Hamas yang memerintah Gaza. Para pemilih akan memilih dari 36 daftar, termasuk satu dari Hamas dan beberapa dari Fatah. (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat