visitaaponce.com

Pertemuan Terbesar di Masjid Al-Aqsa sejak Pandemi

Pertemuan Terbesar di Masjid Al-Aqsa sejak Pandemi
Warga Palestina melakukan salat Jumat pertama Ramadan di kompleks Masjid Al-Aqsa, Jumat (16/4).(AFP/Ahmad Gharabli.)

RIBUAN warga Palestina berduyun-duyun ke masjid Al-Aqsa di Yerusalem timur pada Jumat (16/4) pertama bulan suci Ramadan dalam pertemuan terbesar sejak pandemi virus korona. Mustafa Abu Sway dari Dewan Wakaf mengatakan pertemuan tahun ini merupakan yang terbesar sejak pandemi covid-19, tetapi masih jauh lebih kecil dari tahun-tahun sebelumnya.

Para jemaah dipisahkan dengan tindakan menjaga jarak sosial di alun-alun yang luas di kompleks masjid Al-Aqsa. Di dalam, "kami bisa berdoa bahu-membahu," kata Mohammed, seorang dokter berusia 34 tahun. Salat Muslim pada Jumat pertama Ramadan tahun ini mengikuti ketegangan di kota.

Juru bicara polisi Israel Shimon Cohen mengatakan tujuh orang ditangkap semalam di lingkungan Palestina dekat Kota Tua Yerusalem timur, lokasi masjid berada. Mereka yang ditangkap menyerang seorang petugas polisi yang membutuhkan perawatan medis karena cedera kepala terkena lemparan batu dan botol kaca.

Video yang di-posting online menunjukkan penyerang menendang jendela kendaraan polisi di Yerusalem timur dan petugas menembakkan granat setrum. Awal pekan ini, warga Palestina menuduh Israel membobol empat menara masjid dan memotong kabel untuk mencegah panggilan salat atau azan disiarkan lewat pengeras suara.

Baca juga: Kebahagiaan Warga Palestina Datangi Masjid Al-Aqsa saat Ramadan

 

Abu Sway dari Waqf mengatakan tindakan itu dilakukan setelah para pejabat Islam menolak untuk mematikan pengeras suara pada Rabu (14/4) selama peringatan untuk orang Israel yang jatuh di Tembok Barat yang berdekatan.

Polisi Israel tidak mengomentari tuduhan tersebut. Yordania, penjaga situs Islam di Yerusalem, mengutuk yang disebut Israel sebagai pelanggaran terang-terangan terhadap status quo dan menuduhnya melakukan provokasi. (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat