visitaaponce.com

Militer AS Klaim Hancurkan Puluhan Drone serta Rudal Kiriman Iran dan Yaman

Militer AS Klaim Hancurkan Puluhan Drone serta Rudal Kiriman Iran dan Yaman
Rudal Iran yang ditembakkan ke Yerusalem.jpg(Dok. AFP)

AMERIKA Serikat (AS) telah menghancurkan puluhan drone dan setidaknya enam rudal balistik yang ditujukan ke Israel dari Iran dan Yaman.

"Pasukan AS menyerang lebih dari 80 drone serang satu arah, termasuk tujuh UAV yang ditargetkan di darat sebelum diluncurkan," kata Komando Pusat AS (CENTCOM) pada Senin (15/4)

“Perilaku Iran yang terus-menerus, jahat, dan ceroboh yang belum pernah terjadi sebelumnya membahayakan stabilitas regional dan keselamatan pasukan AS dan koalisi,” kata CENTCOM dalam sebuah postingan di X

Baca juga : Kapal Dagang Dilanda Rudal di Dekat Pantai Yaman

“CENTCOM tetap mendukung pertahanan Israel terhadap tindakan berbahaya yang dilakukan Iran. Kami akan terus bekerja dengan semua mitra regional kami untuk meningkatkan keamanan regional,” tambahnya

CENTCOM membuat pengumuman tersebut setelah Iran pada Sabtu (14/4) malam melancarkan serangan pertamanya ke wilayah Israel sebagai pembalasan atas dugaan serangan Israel terhadap kedutaan besarnya di Suriah.

Serangan yang melibatkan lebih dari 300 drone dan rudal hanya menyebabkan kerusakan ringan karena sebagian besar ditembak jatuh oleh sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel atau AS dan sekutunya

Baca juga : Ribuan orang Berkumpul di Iran Dukung Serangan terhadap Israel

Presiden AS Joe Biden sebelumnya memuji pasukan AS atas keterampilan luar biasa mereka dalam membantu Israel menghancurkan hampir semua drone dan rudal yang masuk.

Biden menggambarkan dukungan AS terhadap pertahanan diri Israel sebagai sesuatu yang sangat kuat. Namun, ia memperingatkan bahwa Washington tidak akan ikut serta dalam tindakan pembalasan apa pun yang dilakukan oleh pemerintahan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu terhadap Teheran.

Sementara Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan pasukan AS tetap berada dalam posisi untuk melindungi pasukan AS dan sekutunya di kawasan, memberikan dukungan lebih lanjut bagi pertahanan Israel, dan meningkatkan stabilitas regional.

Baca juga : Iran Janji Balas Serangan Israel

Ancaman perang habis-habisan antara Israel dan Iran telah membuat kawasan ini bergejolak, sehingga mendorong seruan untuk menahan diri dari negara-negara tetangga di Timur Tengah dan negara-negara besar.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres memperingatkan bahwa Timur Tengah berada di ambang kehancuran.

"Masyarakat di kawasan ini menghadapi bahaya nyata berupa konflik skala penuh yang menghancurkan. Sekarang adalah waktunya untuk meredakan ketegangan dan meredakan ketegangan,” kata Guterres pada pertemuan Dewan Keamanan PBB yang diadakan sebagai tanggapan atas serangan Iran.

(Aljazeera/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat