visitaaponce.com

Lavrov dan Blinken Bahas Peluang Kerja Sama Rusia-AS

Lavrov dan Blinken Bahas Peluang Kerja Sama Rusia-AS
Menlu AS Antony Blinken (kiri) menyapa Menlu Rusia Sergey Lavrov saat bertemu di Reykjavik, Islandia.(AFP/SAUL LOEB)

MENTERI Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken, Rabu (19/5), menyerukan pentingnya kerja sama Moskow dan Washington dalam pertemuan tingkat tinggi kedua negara sejak Joe Biden menjadi presiden AS.

Bertemu di sela-sela pertemuan Komisi Artik di Islandia, Blinken mengatakan kepada Lavrov bahwa AS ingin bekerja sama dengan Rusia namun menegaskan akan bersikap tegas menghadapi segala bentuk agresi.

"Jika Rusia bersikap agresif terhadap kami, rekan kami, dan sekutu kami, kami akan bertindak," ujar Blinken.

Baca juga: 380 Ribu Unit Kamera Intai Pergerakan Warga Rusia

"Kami menginginkan hubungan yang stabil dengan Rusia karena merasa hal itu sangat bagus bagi warga kami, bagus bagi warga Rusia, dan bagus bagi dunia," imbuhnya.

Adapun Lavroc mengatakan Rusia siap membahas semua hal dengan Washington. Namun, untuk itu, dia menuntut kedua pihak berlaku jujur.

"Kami siap membahas semua isu tanpa kecuali jika kami yakin diskusi itu berlangsung dengan jujur dan berdasarkan sikap saling percaya," kata Lavrov.

Sejak menjabat, Januari lalu, Biden telah mengambil sikap tegas terhadap Rusia, bahkan menyebut Vladimir Putin sebagai pembunuh.

Sikap itu bertolak belakang dengan pendahulunya, Donald Trump, yang dituding bersikap ambigu terhadap presiden Rusia itu.

Namun, tampaknya, kini, Rusia dan AS telah siap meredakan ketegangan. Lavrov dan Blinken disebut akan membahas usulan Washington untuk menggelar KTT AS-Rusia, yang kemungkinan digelar Juni mendatang. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat