visitaaponce.com

Putin Sebut Kehadiran Amerika di Afghanistan Berakhir Tragedi

Putin Sebut Kehadiran Amerika di Afghanistan Berakhir Tragedi
Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu dengan remaja saat dimulai tahun ajaran baru di kota timur Rusia, Vladivostok, Rabu (1/9).(AFP/Evgeny Paulin/Sputnik.)

PRESIDEN Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa perang 20 tahun Amerika Serikat di Afghanistan berakhir dengan tragedi. Ia menyebut Amerika hanya menelan kerugian.

Pemimpin Rusia itu memiliki rekam jejak mengkritik negara-negara Barat karena mencoba memaksakan nilai-nilai mereka pada negara-negara non-Barat. Moskow secara teratur mengecam kebijakan AS di Afghanistan yang sekarang dikendalikan oleh Taliban setelah pengambilalihan mereka bulan ini menjelang penarikan Amerika pada 31 Agustus.

Putin mengatakan pada Rabu (1/9) bahwa tentara AS mencoba untuk menanamkan norma-norma mereka di Afghanistan yang dilanda perang selama dua dekade. Ia menyebutnya sebagai latihan yang sia-sia.

Baca juga: Eks Presiden Soviet Gorbachev Komentari Kegagalan AS di Afghanistan

“Hasilnya hanya tragedi, hanya kerugian bagi mereka yang melakukannya, untuk AS, dan terlebih lagi bagi orang-orang yang tinggal di wilayah Afghanistan," katanya. "Tidak mungkin memaksakan sesuatu dari luar," katanya.

Dia berbicara pada pertemuan dengan remaja di kota timur jauh Rusia Vladivostok untuk menandai awal tahun ajaran. Pekan lalu Putin mengatakan Rusia tidak akan ikut campur di Afghanistan dan Moskow telah belajar dari pendudukan Soviet di negara itu.

Baca juga: Menlu Israel Tanggapi Kepergian Amerika dari Afghanistan

Dia juga mengeluh tentang negara-negara Barat yang mencoba menempatkan pengungsi Afghanistan di negara-negara Asia Tengah yang bersekutu dengan Moskow. Moskow secara hati-hati optimistis tentang kepemimpinan baru di Kabul. Ia mengatakan tidak akan mencampuri urusan dalam negeri itu. (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat