visitaaponce.com

Menlu 133 WNI Sudah Keluar dari Ukraina

Menlu: 133 WNI Sudah Keluar dari Ukraina
Menlu RI Retno Marsudi saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR.(Antara)

MENTERI Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menyatakan bahwa dari total 165 Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Ukraina, sebanyak 133 orang telah keluar dari negara tersebut.

"Kita patut bersyukur bahwa per hari ini, semua WNI yang ingin dievakuasi (dari Ukraina) telah dievakuasi dan telah tiba di Indonesia dengan selamat," ujar Retno dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR, Rabu (6//4). 

"Jumlah total WNI di Ukraina adalah 165 orang, yang telah keluar dari Ukraina adalah 133 orang," imbuhnya.

Baca juga: Presiden Ukraina Tantang PBB Soal Invasi Rusia

Adapun rincian WNI yang telah kembali, sebanyak 80 orang dievakuasi menggunakan pesawat evakuasi. Kemudian, 5 orang dievakuasi ke Bucharest, namun memilih pulang ke negara residensi, seperti Rusia, Turki, Denmark dan Qatar.

Selain itu, 34 WNI dievakuasi melalui beberapa gelombang evakuasi lanjutan. Lalu, 12 orang melakukan evakuasi mandiri ke berbagai negara. Adapun 2 orang tidak lapor, namun telah berada di Indonesia.

Baca juga: Twitter Batasi Jangkauan Akun Pemerintah Rusia

Retno mengatakan bahwa 32 WNI memilih tetap tinggal di Ukraina. Diketahui, ada 23 orang memiliki alasan pribadi, termasuk alasan keluarga. Lalu, sisanya merupaan staf Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI).

Evakuasi dari medan perang di Ukraina merupakan salah satu upaya evakuasi paling berat yang harus dilakukan. Menurut Retno, untuk mengevakuasi 9 orang WNI dari Chernihiv diperlukan waktu 22 hari. 

Untungnya evakuasi tersebut berjalan baik, karena kerja sama dari berbagai kementerian/lembaga dan dukungan WNI.(OL-11)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat