visitaaponce.com

Ukraina Usulkan Negosiasi dengan Rusia di Mariupol

Ukraina Usulkan Negosiasi dengan Rusia di Mariupol
Ilustrasi: Kondisi Kota Mariupol(AFP/ANDREY BORODULIN)

UKRAINA mengusulkan untuk mengadakan "putaran khusus" negosiasi dengan Rusia di Kota Mariupol.

"Ya. Tanpa syarat apa pun. Kami siap untuk mengadakan putaran khusus negosiasi di Mariupol," kata negosiator dan pembantu presiden Ukraina Mykhailo Podolyak di Twitter.

Negosiator utama Ukraina lainnya David Arakhamia mengatakan di Telegram bahwa dia dan Podolyak siap tiba di Mariupol untuk mengadakan pembicaraan dengan pihak Rusia mengenai evakuasi garnisun militer dan warga sipil.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memperingatkan situasi di Mariupol memburuk dengan ribuan tentara dan warga sipil terjebak di kota itu.

Baca juga: Negosiator Ukraina Sebut Rusia Secara Lisan Setujui Proposal Kyiv

Sebelumnya pada Rabu, Svyatoslav Palamar, seorang komandan di resimen nasionalis Azov yang telah mempertahankan kota itu dari pengepungan Rusia, mengatakan, pasukannya siap dievakuasi bersama dengan warga sipil dari pelabuhan selatan yang strategis tersebut.

"Kami siap dievakuasi dengan bantuan pihak ketiga dari Kota Mariupol," kata Palamar dalam video yang diunggah di Telegram.

Dia menambahkan tujuannya adalah untuk mengevakuasi orang-orang yang terluka, mengeluarkan mayat-mayat tersebut dan menguburkannya dengan terhormat di wilayah yang tidak dikendalikan oleh Federasi Rusia.

Pada saat yang sama, Palamar mengatakan unitnya tidak akan mengindahkan tuntutan Rusia agar pasukannya menyerah sepenuhnya dengan senjata mereka. Namun, tidak ada reaksi langsung dari Moskow terhadap usulan tersebut.(AFP/OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat