visitaaponce.com

AS Kirim Lebih Banyak Senjata ke Ukraina

AS Kirim Lebih Banyak Senjata ke Ukraina
Ilustrasi(AFP)

Presiden AS Joe Biden mengumumkan paket bantuan militer lainnya untuk Ukraina pada Jumat ketika puluhan warga sipil dievakuasi dari pabrik baja Mariupol yang terkepung.

Dikatakan Biden, bantuan keamanan AS terbaru senilai $150 juta itu akan mencakup amunisi artileri dan radar. Seorang pejabat senior AS mengatakan itu termasuk radar kontra-artileri yang digunakan untuk mendeteksi sumber tembakan musuh dan peralatan pengacau elektronik.

Paket bantuan militer terbaru tersebut menjadikan nilai total persenjataan AS yang dikirim ke Ukraina sejak invasi dimulai menjadi $3,8 miliar.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan lebih dari 40 perempuan dan anak-anak telah dievakuasi pada Jumat dari pabrik baja Mariupol. Mereka menghabiskan selama dua bulan di tempat penampungan bawah tanah.

Sementara, Kementerian Pertahanan Rusia menyampaikan sebanyak 50 warga sipil telah dievakuasi, termasuk 11 anak-anak. Dikatakannya, mereka diserahkan kepada PBB dan Palang Merah, yang membantu dalam operasi tersebut. Operasi kemanusiaan, katanya, akan berlanjut pada Sabtu.

Sekitar 200 warga sipil, termasuk anak-anak, diperkirakan masih terperangkap di terowongan dan bungker era Soviet di bawah pabrik Azovstal, bersama dengan sekelompok tentara Ukraina.

Rusia mengumumkan gencatan senjata di pabrik tersebut selama tiga hari mulai Kamis, tetapi tentara Ukraina mengatakan operasi serangan Rusia telah dilanjutkan melalui darat dan udara. (AFP/OL-12)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat