visitaaponce.com

Gereja di Los Angeles Digembok dan Jemaatnya Diberondong Peluru Tajam

Gereja di Los Angeles Digembok dan Jemaatnya Diberondong Peluru Tajam
Karangan bunga dan potret Dr. John Cheng, korban penembakan di gereja, terpampang di luar kantornya di Aliso Viejo, California, AS.(Robyn Beck / AFP)

SEORANG imigran asal Tiongkok, David Chou, menggembok sebuah gereja dan menembaki jemaat yang diisi imigran asal Taiwan-Amerika. Insiden itu menewaskan satu orang dan melukai lima lainnya.

Aksi pelaku dipicu kebencian terhadap Taiwan dan penduduknya, kata penyelidik AS, Senin (16/5) waktu setempat.

David Chou menutup pintu dengan menggunakan rantai dan lem super saat lusinan umat paroki menikmati perjamuan pasca kebaktian di gereja di Laguna Woods, dekat Los Angeles.

David Chou, 68, pelaku penembakan di gereja.

Pria berusia 68 tahun, seorang warga negara Amerika yang berasal dari Tiongkok, juga menyembunyikan tas berisi bom molotov dan amunisi cadangan di sekitar gedung, sebelum melepaskan tembakan dengan dua pistol.

"Kami tahu bahwa dia (pelaku) merumuskan strategi yang ingin dia terapkan," kata Sheriff Orange County, Don Barnes.

"Sudah dipikirkan dengan sangat matang dari bagaimana dia (pelaku) mempersiapkan, baik berada di sana, mengamankan lokasi, menempatkan barang-barang di dalam ruangan untuk mengabadikan korban tambahan jika dia memiliki kesempatan."

Baca juga: Amerika Serikat akan Longgarkan Embargo Terhadap Kuba

"David Chou, yang bekerja sebagai penjaga keamanan di Las Vegas, melancarkan serangan karena "kebencian bermotivasi politik...(dan) kesal dengan ketegangan politik antara China dan Taiwan," katanya.

Taiwan telah diperintah secara independen sejak berakhirnya perang saudara pada tahun 1949. Taiwan memiliki pemerintahan sendiri yang dipilih secara demokratis dan militer yang kuat.

Tiongkok yang otoriter mengklaim pulau itu sebagai miliknya, bersikeras bahwa itu adalah provinsi pemberontak yang suatu hari akan dibawa ke tumit. Rincian muncul pada hari Senin (16/5) tentang kepahlawanan seorang umat paroki, yang menyerang Chou saat dia mulai menembak.

John Cheng, seorang dokter, menuduh Chou dalam upaya untuk menjatuhkannya ke tanah, membiarkan orang lain mengikatnya sampai polisi tiba.

"Tanpa tindakan Dr. Cheng tidak diragukan lagi akan ada banyak korban tambahan dalam kejahatan ini," kata Barnes.

"Sayangnya, setelah Dr. Cheng menangani tersangka, dia terkena tembakan dan dia dinyatakan meninggal di tempat kejadian." Lima orang lainnya yang terluka dalam serangan itu dibawa ke rumah sakit.

Seorang korban meninggal berusia antara 66 hingga 92 tahun. Penembakan yang terjadi pada Minggu (15/5) terjadi hanya 24 jam setelah seorang pria bersenjata membunuh sepuluh orang di Buffalo, dalam apa yang sedang diselidiki sebagai serangan rasis.

Kekerasan senjata sangat umum terjadi di Amerika Serikat, di mana senjata mematikan tersedia dan lobi senjata yang kuat bekerja untuk mencegah kontrol atas penjualan dan distribusinya.

Lebih dari 45.000 orang Amerika meninggal karena senjata api, setengahnya karena bunuh diri, pada tahun 2021, naik dari lebih dari 39.000 pada tahun 2019, menurut situs web Arsip Kekerasan Senjata.

Sekitar 7.000 orang telah meninggal karena penembakan pembunuhan atau tembakan yang tidak disengaja di Amerika Serikat tahun ini, dengan penembakan di tempat umum terjadi hampir setiap hari.

Ada 202 penembakan massal, yang didefinisikan sebagai insiden di mana empat orang atau lebih terluka atau terbunuh, sepanjang tahun ini, menurut arsip. (France24/Cah/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat