visitaaponce.com

Hari ini Menlu Iran Kunjungi Turki setelah Tuduhan Israel

Hari ini Menlu Iran Kunjungi Turki setelah Tuduhan Israel
Hossein Amir-Abdollahian.(AFP/Atta Kenare.)

MENTERI Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian akan mengunjungi Ankara pada Senin (27/6). Ini dilakukan setelah Teheran menolak tuduhan Israel bahwa republik Islam itu merencanakan serangan anti-Israel di Turki.

Amir-Abdollahian akan berkunjung ke Turki pada Senin untuk pembicaraan tentang masalah bilateral serta perkembangan regional dan internasional saat ini. Ini dikatakan kementerian luar negeri Turki dalam suatu pernyataan.

Kunjungan itu dilakukan empat hari setelah Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid--yang akan mengambil alih pemerintahan sementara--berterima kasih kepada Turki karena menggagalkan dugaan plot pembunuhan Iran terhadap warganya di Istanbul. Pekan lalu, Turki menahan delapan anggota sel Iran yang diduga berencana membunuh warga Israel termasuk seorang mantan duta besar menjelang kunjungan Lapid ke Ankara.

Baca juga: Pembicaraan Nuklir Iran Segera Dilanjutkan setelah Buntu Berbulan-bulan

"Kami sangat menghargai pemerintah Turki atas kegiatan profesional dan terkoordinasi ini," kata Lapid setelah pembicaraan di Ankara, Kamis. Kedatangan Lapid ke Turki sebagai tanda mencairnya hubungan antara dua rival regional yang sesekali terjadi.

Pada Jumat, Iran membantah klaim itu sebagai tidak berdasar. "Tuduhan tak berdasar, konyol, dan bagian dari rencana yang dirancang sebelumnya untuk menghancurkan hubungan antara kedua negara Muslim," kata juru bicara Kemenlu Saeed Khatibzadeh dalam suatu pernyataan.

Baca juga: PM Irak Datangi Putra Mahkota Saudi Redam Konflik dengan Iran

Israel pekan lalu meminta warganya untuk meninggalkan Turki. Dalihnya, ada bahaya nyata dan langsung dari operasi Iran. (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat