visitaaponce.com

Rusia Belanja Jutaan Peluru dan Roket dari Korut

Rusia Belanja Jutaan Peluru dan Roket dari Korut
Arsip--Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kiri) menghadiahkan pedang kepada Presiden Rusia Vladimir Putin di Vladivostok, Rusia, pada 2019.(Dok Sputnik/Alexei Nikolsky)

Rusia membeli jutaan peluru artileri dan roket dari Korea Utara (Korut). Informasi itu diungkapkan laporan intelijen yang baru dibuka dari Amerika Serikat (AS) .

The New York Times, yang pertama kali melaporkan pembelian tersebut, menyatakan bahwa laporan tersebut diperinci dengan jenis persenjataan berikut waktu pengiriman. Selain roket jarak pendek dan peluru artileri, Rusia juga diperkirakan akan membeli senjata Korut jenis lain.

Langkah Rusia ini menunjukkan bahwa militer Rusia terus menderita kekurangan pasokan yang parah di Ukraina. Seorang pejabat AS, menilai Rusia telah memperdalam hubungan dengan negara-negara termasuk Korut dan Iran sejak invasinya ke Ukraina.

Ukraina memutuskan hubungan dengan Korut setelah diketahui bahwa Pyongyang telah bergabung dengan Rusia dan Suriah untuk mengakui kemerdekaan dua republik yang memproklamirkan diri di Ukraina timur. AS sebelumnya mengatakan bahwa Moskow telah membeli drone dari Iran. (Aljazeera/OL-12)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat