visitaaponce.com

Indonesia-Prancis Sepakat Bentuk Forum Konsultasi

Indonesia-Prancis Sepakat Bentuk Forum Konsultasi
Presiden RI Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron.(Antara)

PRESIDEN Indonesia Joko Widodo dan Presiden Prancis Emmanuel Macron sepakat untuk membentuk Forum Konsultasi yang merupakan tim gabungan dari kedua negara.

Adapun pembentukan forum tersebut bertujuan membahas kerja sama di berbagai bidang prioritas. "Menteri luar negeri dari Indonesia dan Prancis akan menindaklanjuti kesepakatan ini," ujar Jokowi, sapaan akrabnya, Selasa (15/11).

Baca juga: Jokowi Jelaskan Makna Patung GWK dalam Jamuan Makan Malam KTT G-20

Kedua pemimpin negara juga membahas kerja sama pertahanan. Jokowi berharap kolaborasi itu tidak terbatas pada pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista), namun juga mencakup produksi bersama, alih teknologi, hingga investasi manufaktur.

"Saya harapkan berbagai proyek pertahanan ini dapat segera kita tindak lanjuti. Saya sambut baik rencana dialog 2+2 antara Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan kita untuk membahas isu strategis di kawasan," imbuhnya.

Baca juga: Zelenskyy Desak G20 Adopsi Rencana Akhiri Perang Rusia

Di samping itu, kedua kepala negara juga membahas mengenai kerja sama transisi energi. Jokowi menjelaskan bahwa Indonesia terus berupaya untuk memperkuat transisi energi baru terbarukan.

Hal tersebut juga didukung penuh oleh Emmanuel Macron. Sebagai pemimpin Prancis, dirinya menyatakan siap mendukung transisi energi di Indonesia.(OL-11)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat