visitaaponce.com

Polandia Sebut Rudal yang Mendarat di Negaranya Milik Ukraina

Polandia Sebut Rudal yang Mendarat di Negaranya Milik Ukraina
Tim forensik kepolisian Polandia menyelidiki lokasi jatuhnya rudal di wilayah mereka.(AFP/HANDOUT / POLISH POLICE)

PARA pemimpin Barat, Rabu (16/11), berusaha meredakan ketakutan bahwa rudal yang mendarat di Polandia bisa meningkatkan ketengangan dengan Rusia setelah menyebut rudal itu kemungkinan adalah rudal antipesawat milik Ukraina yang melenceng.

Amerika Serikat (AS) mendukung penilaian Warsawa itu yang menyebut rudal yang mendarat di Polandia itu kemungkinan ditembakkan oleh Ukraina.

"Kami tidak memiliki apa pun untuk membantah penilaian awal Presiden (Andrzej) Duda bahwa rudal itu kemungkinan adalah bagian dari sistem pertahanan udara Ukraina," ujar Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Klarifikasi Rusia Perkuat Bukti Ukraina Ingin Perkeruh Suasana

Warsawa dan NATO mengatakan rudal itu kemungkinan adalah bagian dari sistem pertahanan udara Ukraina yang ditembakkan untuk mengantisipasi serangan udara Rusia.

Meski begitu, mereka tetap menyalahkan Moskow karena memulai konflik dengan Ukraina.

Dua orang tewas, Selasa (15/11) ketika setidaknya satu rudal menghanyam sebuah desa di Polandia, yang berada dekat perbatasan Ukraina, saat Rusia melancarkan serangan bom untuk menghancurkan infrastruktur sipil di Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky membantah asesmen itu dan bersikeras bahwa rudal yang mendarat di Polandia itu adalah milik Rusia.

"Saya tidak ragu bahwa rudal itu bukan milik kami. Kami yakin bahwa itu rudal Rusia berdasarkan laporan militer kami," tegas Zelensky.

Karenanya, Zelensky minta agar Ukraina dilibatkan dalam penyelidikan terkait rudal tersebut. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat