visitaaponce.com

Jelang Akhir, Dana Kompensasi Perubahan Iklim Disepakati COP27

Jelang Akhir, Dana Kompensasi Perubahan Iklim Disepakati COP27
Konferensi Tingkat Tinggi Conference of The Parties 27 (KTT COP27) di Sharm El-Sheikh, Mesir.(AFP )

KTT iklim COP27 sepakat menyiapkan dana bantuan negara-negara miskin dan berkembang yang dilanda bencana iklim. Namun isu lain untuk lebih luas yang menguraikan memerangi perubahan iklim mengalami jalan buntu.

Setelah negosiasi panjang dan menegangkan kepresidenan COP27 Mesir merilis draf kesepakatan sebagai kesepakatan akhir dan menyeluruh untuk KTT ini.

Dalam draf itu terungkap persetujuan untuk menyiapkan dana kerugian dan kerusakan untuk membantu negara-negara berkembang. Alokasinya untuk menanggung biaya dari peristiwa yang dipicu oleh perubahan iklim seperti badai dan banjir.

Tapi forum itu menunda banyak rekomendasi kontroversial seperti tenggat pencairan dana tersebut. Draf itu akan disempurnakan pada KTT iklim COP28, November 2023.

Rekomendasi-rekomendasi tersebut mencakup sumber-sumber pendanaan dan negara mana yang harus membayar dana tersebut. Dokumen tersebut menjadi kesepakatan politik untuk COP27 yang disetujui 200 negara.

Sejalan dengan pembahasan sebelumnya, draf tersebut tidak memuat referensi yang diminta oleh India dan beberapa delegasi lainnya untuk menghentikan penggunaan semua bahan bakar fosil secara bertahap. Draf itu malah merujuk pada penurunan penggunaan batu bara saja, seperti yang disepakati pada KTT tahun lalu. (AFP/OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat