visitaaponce.com

Anwar Ibrahim Ingin Perkuat Hubungan dengan Indonesia

Anwar Ibrahim Ingin Perkuat Hubungan dengan Indonesia
Anwar Ibrahim(HASNOOR HUSSAIN / POOL / AFP)

Malaysia berkomitmen untuk memperkuat hubungan bilateral degan Indonesia. Perwujudannya akan dibuktikan melalui lawatan Perdana Anwar Ibrahim ke Indonesia bulan depan.

"Lawatan ini juga menjadi persiapan lawatan resmi dari Perdana Menteri Malaysia (Anwar Ibrahim) ke Jakarta, yang dijadwalkan akan berlangsung pada awal Januari nanti," kata Menteri Luar Negeri Malaysia Zambry Abd Kadir saat memberikan keterangan resmi secara virtual usai melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, di Gedung Pancasila, Jakarta, Kamis (29/12).

Menurut dia Anwar Ibrahim akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan kerja sama kedua negara. Malaysia menganggap Indonesia merupakan negara tetangga yang sangat penting.

Zambry menjelaskan, pembahasan kerja sama bilateral akan dilakukan kedua pemimpin tersebut. Dirinya bersama Retno telah membahas isu-isu di dalamnya sebagai pendahuluan.

Salah satunya mengenai upaya bersama dalam pemulihan ekonomi pascapandemi covid-19. Malaysia juga mendukung Indonesia sebagai Ketua ASEAN pada 2023.

"Tujuan lawatan saya saat ini adalah untuk memperkokoh hubungan Malaysia dengan Indonesia ke tahap yang lebih tinggi demi kemakmuran kedua negara sahabat. Terutama pascapandemi covid-19," paparnya.

Retno mengapresiasi lawatan Zambry dan dukungan Malaysia kepada Indonesia sebagai Ketus ASEAN. Menurut dia Indonesia dan Malaysia memiliki posisi yang sama di kawasan Asia Tenggara.

Misalnya, kata dia, membangun perdamaian di Myanmar. "Saya tegaskan ASEAN, tidak boleh didikte oleh junta militer Myanmar. ASEAN akan selalu bersama rakyat Myanmar,” pungkasnya. (OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat